ANALISIS BAHASA INGGRIS DAN PEDAGOGIS NOVEL TEEN LIT SEBAGAI BAHAN PENDAMPING MATA KULIAH TRANSLATING DAN LITERATURE

Authors

  • Cynantia Rachmijati STKIP Siliwangi
  • Anita Anggraeni STKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/p2m.v4i1p1-7.385

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah & tipe campur kode kata dan aspek pedagogis pada novel genre chick-lit, Aviredie karya Alline, Grow Up! karya Sucia Ramadhani, Pertama Kalinya! karya Sitta Karina dkk,  dan Oppa and I karya Orizuka & Lia Indra dan novel genre lad-lit, Hidden Agenda karya Jacob Julian, Marmut Merah Jambu karya Raditya Dika, School of Chemistry karya Al Dhimas. Metode penelitian adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa umumnya teen-lit tersebut mengandung lebih banyak ungkapan outer code mixing (Bahasa Inggris) dibandingkan dengan inner code mixing (Bahasa Indonesia informal), serta umumnya mengandung aspek pedagogis yaitu sosial, budaya dan moral. Ungkapan inner code mixing lebih sedikit ditemukan, demikian juga dengan aspek pedagogis dalam bentuk moral. Novel yang paling banyak mengandung ungkapan dalam bahasa Inggris adalah novel School Chemistry dan Pertama kalinya!. Bagi para pendidik terutama guru Bahasa Inggris, novel teen-lit ini dapat digunakan sebagai salah satu bahan ajar namun sebaiknya penggunaannya didampingi agar manfaatnya lebih positif dan penggunaan ungkapan bahasa Inggrisnya lebih efektif.Kata kunci: analisis, bahasa Inggris, aspek pedagogis, teen lit

References

Alwi, Hasan dkk. 2005. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Andika,Nugroho.2010.Analisis nilai-nilai pendidikan novel Sang Pemimpi.Universitas Sebelas Maret

Anonim.2005. Teen Lit serial ala Sitta Karrina, http://sembarang.com/2005/09/26/teenlit-serial-ala-sitta-karina/.29 Januari 2016

Annida Online.Alumni KKPK melaju ke lini Pinkberry. (http://annida-online.com/alumni-kkpk-melaju-ke-lini-baru-pink-berry-club.html)

Anonim.2008.Fenomena Teen Lit. https://houseofreadinc.wordpress.com/2008/06/26/fenomena-teenlit/.29 Januari 2016

Anonim.2016.Fenomena buku novel remaja teenlit. http://www.binasyifa.com/279/51/27/fenomena-buku-novel-remaja-teenlit.htm.29 Januari 2016

Aziez,Furqonul.2010.Menganalisis fiksi.Bogor:Ghalia Indonesia

Kata.2012.Analisis nilai-nilai pendidikan novel sang pemimpi. https://serdadukataku.wordpress.com/2012/12/02/analisis-nilai-nilai-pendidikan-novel-sang-pemimpi/.29 Januari 2016

Kurnia,RS.2012.Teen Lit sebagai cermin budaya remaja perkotaan masa kini. kini.http://pelitaku.sabda.org/teenlit_sebagai_cermin_budaya_remaja_perkotaan_masa_kini.29 Januari 2016

Kustriyono,Erwan.(----).Alih kode dan campur kode percakapan mahasioswa di perpustakaan Universitas Pekalongan. PBSI FKIP Universitas Pekalongan

Maulidini, Ratna.2007.Campur kode sebagai strategi komunikasi Customer service: Studi Kasus Nokia Care Centre Bimasakti Semarang .(Skripsi).Tidak dipublikasikan. Semarang: Fakultas Sastra Universitas Diponegoro.

Nababan, PWJ. 1986. Sosiolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Gramedia.

Rohmani,Siti.(2013).Analisis alih kode dan campur kode pada novel Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi.Surakarta. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. Volume 2 No 1 April 2013 ISSN 12302-6405

Downloads

Published

2017-05-31