PENERAPAN PENDEKATAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA KELAS XII RPL B SMK NEGERI 1 CIMAHI
DOI:
https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p1-6.635Keywords:
Creative Problem Solving, Siswa, SMKAbstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah dengan mengetahui apakah adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMK dengan pendekatan Creative Problem Solving. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa Kelas XII RPL B SMK Negeri 1 Cimahi tahun pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 36 orang. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar sebagai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa, untuk tes awal (sebelum tindakan), tes siklus I dan tes siklus II (setelah pemberian tindakan), dan lembar observasi bagi guru dan bagi siswa untuk kondisi pelaksanaan tindakan. Prosedur penelitian ini terdiri dari: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi dan (4) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan, pada pelajaran trigonometri siswa kelas XII RPL B SMK Negeri 1 Cimahi, bahwa pembelajaran trigonometri dengan pendekatan pembelajaran Creative Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hal ini dapat terlihat dari hasi ltes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa yang mengalami peningkatan. Hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematik pada tes awal hanya memiliki rata – rata kelas 65, 22. Padasiklus I, hasil tes meningkat cukup signifikan menjadi 71, 81. Pada siklus II mengalami perbaikan lagi dan rata-rata kelas untuk nilai tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mencapai 83,08Downloads
Published
2017-11-30
Issue
Section
Artikel