IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI INKLUSIF DIKOTA CIMAHI JAWA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.22460/p2m.v4i2p7-11.636Keywords:
implementasi, PAUD, inklusifAbstract
Semua anak berkebutuhan khusus perlu mendapatkan pendidikan yang layak seperti anak-anak normal lainnya.  Lebih luas lagi pendidikan PAUD inklusi juga dapat dimaknai sebagai reformasi pendidikan yang anti diskriminasi, serta upaya merubah sikap masyarakat terhadap anak berkebutuhan khusus. Perumusan Masalah Bagaimana implementasi program PAUD inklusif di kota Cimahi? Apa hambatan dan kendala yang dialami PAUD yang mengadakan pendidikan inklusi di kota Cimahi Sejauh mana optimalisasi program PAUD inklusif di kota Cimahi ? Tujuan Penelitian  Mengetahui implementasi program yang telah dijalankan di PAUD inklusifkota Cimahi. Mempunyai solusi dan pemecahan masalah dalam PAUD inklusif yang berada dilingkungan kota Cimahi , serta tindak lanjut dari permasalahan-permasalahan yang dialami PAUD dalam mengadakan pendidikan inklusif. Pengoptimalan program PAUD inklusi yang sejalan dengan program pemerintah. Juga mempunyai kontribusi terhadap ilmu Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Peneliti segera melakukan analisis data dengan memperkaya informasi, mencari hubungan, membandingkan, menemukan pola atas dasar data aslinya dan tidak ditransformasikan ke dalam bentuk angka. Hasil analisis data berupa pemaparan mengenai situasi yang diteliti yang disajikan dalam bentuk naratif. Lokasi penelitian TK Penabur Cimahi Jl. Mk Wiganda Sasmita no 23 Cimahi. Sistem pembelajaran dalam sekolah inklusif mampu mengakomudasi perbedaan kebutuhan belajar setiap individu.. Dengan demikian, tujuan akhir dari semua upaya di atas yaitu kesejahteraan para penyandang cacat dalam memperoleh segala haknya sebagai warga Negara dapat direalisasikan secara cepat dan maksimalDownloads
Published
2017-11-30
Issue
Section
Artikel