PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDAMPINGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS

Authors

  • Siti Aminah Universitas Negeri Yogyakarta
  • Fathur Rahman Universitas Negeri Yogyakarta
  • Yuli Nurmalasari Universtias Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v5i3p79-86.2813

Keywords:

Kata kunci, bimbingan dan konseling, kebutuhan khusus, pendidikan inklusi

Abstract

Guru bimbingan dan konseling memiliki peran penting dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan pendidikan inklusi. Kegiatan  bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan mengenai kerangka layanan bimbingan dan konseling bagi peserta didik dengan berkebutuhan khusus. Metode yang digunakan berupa ceramah, diskusi dan praktek penyusunan kerangka layanan bimbingan dan konseling dalam konteks kebutuhan khusus. Sasaran pelatihan adalah guru bimbingan dan konseling. Langkah-langkah kegiatan pelatihan antara lain; pre test, penyampaian materi, diskusi, penugasan penyusunan kerangka layanan bimbingan dan konseling berkebutuhan khusus, post test dan evaluasi. Hasil pre test dan post test menunjukkan terdapat peningkatan pada aspek kesadaran, pengetahuan, dan keterampilan yang signifikan yaitu skor rata-rata pre test sebesar 56,76 % dan skor rata-rata post test sebesar 81,49 %. Hasil menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman mengenai kerangka layanan siswa berkebutuhan khusus yang terdiri dari deteksi dini, konsultasi, kolaborasi dan konseling. Peserta memberikan umpan balik positif terhadap kegiatan dan mengharapkan kegiatan lanjutan berkaitan dengan aplikasi layanan bimbingan dan konseling berkebutuhan khusus.  

References

ABKIN. (2007). Rambu-rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Departemen Pendidikan Nasional

American School Counseling Association. 2005. The ASCA National Model: A Frame work for school counseling programs. Second Edition. lexandria, VA: Author.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA:Journal of Social Science Teaching, 1(1). https://doi.org/10.21043/ji.v1i1.3099

Kim, B. S. K., & Lyons, H. Z. (2003). Experiential Activities and Multicultural Counseling Competence Training. Journal of Counseling & Development, 81(4), 400–408. https://doi.org/10.1002/j.1556-6678.2003.tb00266.x

Kiswantoro, A., Lestari, I., & Zamroni, E. (2017). Konseling Bagi Konseli Berkebutuhan Khusus. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling 2017. (386-419).

Muazza, M., Hadiyanto, H., Heny, D., Mukminin, A., Habibi, A., & Sofwan, M. (2018). Analyses of inclusive education policy: A case study of elementary school in Jambi. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.21831/jk.v2i1.14968

Permen No. 70 tahun 2009. Online. Diakses melalui http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/11/Permen- No.-70-2009-tentang-pendidiian-inklusif-memilikikelainan- kecerdasan.pdf pada 26 Mei 2017.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,†November, 237–242.

Prayitno dan Emti, E. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Setianingsih, E. S. (2018). Penerimaan dan Sikap Guru Terhadap Keberadaan Abk Di Sekolah. Empati Bimbingan Dan Konseling UPGRIS Semarang, Vol 5 No.1. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/empati.v5i1.2929

Tarnoto, N. (2016). Permasalahan-Permasalahan Yang Dihadapi Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Pada Tingkat Sd. Humanitas, 13(1), 50. https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3843

UU. No. 20 Tahun 2003. Online. Diakses melalui http://sindikker.dikti.go.id/dok/UU/UU202003-Sisdiknas.pdf pada 26 Mei 2017.

Yulianto, T. (2018). Pendidikan Inklusif: Konsep Dasar, Ruang Lingkup, Dan Pembelajaran. Jurnal Kependidikan, 6(2), 195–206. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1698

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Aminah, S., Rahman, F., & Nurmalasari, Y. (2021). PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM PENDAMPINGAN SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(3), 79–86. https://doi.org/10.22460/q.v5i3p79-86.2813