Pelaksanaan Bimbingan Klasikal yang Berpihak pada Peserta Didik: Tinjauan Terhadap Metode, Praktik dan Tantangan

Authors

  • Amelia Dhamara Sofyati Halmahera Universitas Negeri Surabaya
  • Anisa Dwi Pratanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dhika Chelvian Satya Benardy Universitas Negeri Surabaya
  • Sholikhul Huda Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4767

Keywords:

Layanan Bimbingan Klasikal, Metode, Pelaksanaan Praktik, Perkembangan Peserta Didik, Tantangan Implementasi

Abstract

This study aims to explore various methods used in the implementation of classical guidance services in the era of the independent curriculum. Through a literature review research method, we examined a number of research articles discussing practices and challenges in the implementation of classical guidance services. The research findings indicate that various methods such as Project Based Learning (PJBL), Problem Based Learning (PBL), Cooperative Learning, Experiential Learning, and Discovery Learning have been proven effective in enhancing various aspects of students' development. The research also identifies some challenges in the implementation of classical guidance services, including lack of communication between guidance counselors and homeroom teachers, resource limitations, and lack of understanding or confidence from guidance counselors regarding the methods to be applied. Thus, this research provides insights into various methods that can be used in the implementation of classical guidance services as well as the challenges that may be encountered in the implementation process. It is expected to contribute to the development of guidance and counseling practices in schools.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode penelitian kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.

Aiwani, A., Munir, A. F., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2022). Problematika Pendidikan Indonesia dan Kaitannya Dengan Tanggung Jawab Dan Kompetensi BK Sebagai Suatu Profesi. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 2, 228–237.

Anisa, R. N. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik PJBL Untuk Meningkatkan Pemahaman Pilihan Karir Peserta didik Tunarungu Kelas IX. COMSERVA: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 2(7), 995–1011.

Anwar, R. (2023). Bimbingan Klasikal Hots Dan Tpack Dalam Kurikulum Merdeka: Suatu Pendekatan Best Practice.

Aqil, A. D. C. (2020). Studi kepustakaan mengenai kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit: Literature study of service quality towards patients satisfaction in hospitals. Jurnal Ilmiah Pamenang, 2(2), 1–6.

Ayuna, R. S. Q., Cahyaningrum, A., Zakira, S., Baen, S., & Tjalla, A. (2022). Penerapan Metode Discovery Learning Menurut Teori Kognitivisme Bruner Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Konseling Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Mahapeserta didik BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 189. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i3.8904

Azizah, R. R. A., Septiana, E., & Yunita, Y. (2023). Layanan Bimbingan Konseling Di MA Miftahul Huda Lampung Tengah. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(2: Desember), 257–265.

Bhakti, C. P. (2017). Program bimbingan dan konseling komprehensif untuk mengembangkan standar kompetensi peserta didik. Jurnal Konseling Andi Matappa, 1(2), 131–132.

Fathimatuzzahrah, A. (2020). Keefektifan Format Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Stad Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Peserta didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 1–8. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.72

Fitriani, F., Kamaruzzaman, K., & Sulistiawan, H. (2023). Analisis implementasi layanan bimbingan dan konseling dalam kurikulum merdeka belajar di SMP. BIKONS: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(3).

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Ghufronalazuardy, G. M. (2020). Keefektifan Bimbingan Klasikal Metode Jigsaw untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Peserta didik. Indonesian Journal of Counseling and Development, 2(2), 92–99.

Hajjah, M., Munawaroh, F., Wulandari, A. Y. R., & Hidayati, Y. (2022). Implementasi Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta didik. Natural Science Education Research (NSER), 5(1), 79–88. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser

Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Zuhriyah, F. A., & Suryanda, D. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar sebagai Wujud Pendidikan yang Memerdekakan Peserta Didik. Arus Jurnal Pendidikan, 2(3), 221–226.

Haryati, S. (2019). Pemikiran pendidikan Ki Hadjar Dewantara: Studi tentang sistem among dalam proses pendidikan. Uwais Inspirasi Indonesia.

Hidayat, MA, D. (2016). Ilmu Pendidikan Islam Menuntun Arah Pendidikan Islam Indonesia. Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia. In Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Vol. 6, Issue August). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Indriyani, N. (2022). Konsep Pendidikan Merdeka Belajar Dalam Pandangan Filsafat Humanisme. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 668–682.

Kemendikbudristek. (2020). Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemendikbudristek BSKAP RI, 92.

Kusuma, M., & Pratiwi, T. I. (2020). Bermain Peran Untuk Mengurangi Perilaku Bullying. Jurnal BK, 610619.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).

Novitasari Dewita, E. (2021). Penerapan Teknik Eksperiential Learning Melalui Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Mengembangkan Potensi Diri Peserta Didik Kelas Vii Smp Negeri 4 Sekadau Hilir Tahun Ajaran 2020/2021. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.37304/pandohop.v1i1.2218

Oktiani, I. (2017). Kreativitas guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Jurnal Kependidikan, 5(2), 216–232.

Pratiwi, F. A. (2021). Meningkatkan Kemandirian Belajar Peserta didik Dengan Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Stad (Student Teams Achievement Division). Jurnal Fokus Konseling, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.52657/jfk.v7i1.1260

Putro, T. B., Marisa, C., Fitriyanti, E., & Utami, S. (2023). Keterampilan guru bimbingan dan konseling dalam implementasi metode project based learning pada kurikulum merdeka. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahapeserta didik, 3(2), 103–114.

Qonita, M., Artati, K. B., Musyarofah, A., Wahyuni, F., & Tjalla, A. (2022). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar Terhadap Perkembangan Peserta Didik. Guidance: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 19(02), 106–120.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319.

Rani, P. R. P. N., Asbari, M., Ananta, V. D., & Alim, I. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pembelajaran yang Relevan, Sederhana, dan Fleksibel. Journal of Information Systems and Management (JISMA), 2(6), 78–84.

Riyadi, A. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dengan Bimbingan Klasikal Metode Problem Based Learning Smp Negeri 1 Astambul. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 9–12. https://doi.org/10.30872/ibk.v2i1.641

Sartika, E. (2014). Analisis isi kualitatif pesan moral dalam film berjudul “Kita versus Korupsi.” EJournal Ilmu Komunikasi, 2(2), 63–77.

Solikhah, A. (2021). Optimalisasi Layanan Bimbingan Klasikal dengan Model Problem-Based Learning untuk Mengatasi Perilaku Bullying Peserta didik SMP. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(7), 1151–1168. https://doi.org/10.47387/jira.v2i7.197

Sumarwiyah, S., & Zamroni, E. (2017). Pemanfaatan Tekonologi Informasi (TI) Dalam Layanan Bimbingan Dan Konseling Sebagai Representasi Berkembangnya Budaya Profesional Konselor Dalam Melayani Peserta didik. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 2(1).

Susanto, A. (2018). Bimbingan dan konseling di Sekolah: Konsep, teori, dan aplikasinya. Kencana.

Syafaruddin, S., Syarqawi, A., & Siahaan, D. N. A. (2019). Dasar-dasar bimbingan dan konseling: Telaah Konsep, Teori dan Praktik.

Utami, N. W. (2021). Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dengan Strategi Pembelajaran Kooperatif (SPK) Melalui Layanan Bimbingan Klasikal. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 86–90. https://doi.org/10.24905/jcose.v3i2.77

Wibawaningsih, Y. D., Hartanto, D., Fauziah, M., & Kuswindarti, K. (2022). Upaya Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Melalui Bimbingan Klasikal Dengan Metode Project Based Learning Pada Peserta didik Kelas Viii Smp N 2 Pace. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 324–330. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.151

Widayanti, R., & Dwi Nur’aini, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Peserta didik. MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 12. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480

Wilujeng, N., & Mahaardhika, I. M. (2023). Manajemen Layanan Bimbingan Klasikal Model Problem Based Learning Dalam Peningkatan Kerjasama Peserta didik Smk Kosgoro 1 Lawang. Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 4(2). https://doi.org/10.32815/jubis.v4i2.1798

Zed, M. (2008). Metode penelitian kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2024-05-28

How to Cite

Sofyati Halmahera, A. D., Anisa Dwi Pratanti, Dhika Chelvian Satya Benardy, & Sholikhul Huda. (2024). Pelaksanaan Bimbingan Klasikal yang Berpihak pada Peserta Didik: Tinjauan Terhadap Metode, Praktik dan Tantangan. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(2), 149–161. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4767