EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI KARIER JOHN LEWIS HOLLAND TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA SMP

Authors

  • Nova Agustina Wardhani Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Feida Noorlaila Isti’adah Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Cucu Arumsari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v4i2p58-68.1760

Keywords:

Kata Kunci, Pengambilan Keputusan Karier, Teori Karier John Lewis Holland, Layanan Informasi

Abstract

Penellitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi dikalangan peserta didik terkait dalam pengambilan keputusan karier. Peserta didik mengalami kesulitan dalam menentukan pilihan sesuai cita-cita, bakat dan kemampuan yang pada akhirnya peserta didik mengalami kesulitan dalam mengambil keputusan kariernya. Layanan informasi dengan menggunakan teori karier John Lewis Holland memiliki peranan penting dalam meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta didik SMP. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pemberian layanan informasi dengan menggunakan teori karier John Lewis Holland terhadap pengambilan keputusan karier peserta didik SMP. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi experimental dengan desain pretest postest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMPN 11 Tasikmalaya dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 127 peserta didik. Teknik untuk menentukan sampel adalah purposive sampling yang terbagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis inferensial dengan statistik parametris dengan menggunakan Uji-t. Hasi penelitian menunjukan bahwa layanan informasi dengan menggunakan teori karier John Lewis Holland efektif dalam meningkatkan pengambilan keputusan karier peserta didik SMP. 

References

Amanda, L.D., Purwanti., & Endang, B. (2010). Layanan Informasi oleh guru BK tentang Interaksi Sosial di SMP, hlm. 1-13

Amsanah, S. (2018). Efektivitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Pemilihan Karier Peserta Didik kelas XII SMK Negeri 5 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi). Sarjana Pendidikan, Universitas Islam Negeri Raden Intan, Lampung.

Brown, Duane & Associates. (2008). Career Choice and Development Fourth Edition. San Fransisco: Wiley John Wiley & Sons, Inc.

Brown, S.D. & Lent, R.W. (2008). Career Development and Counseling Putting Theory and Research to work. Canada: Wiley John Wiley & Sons, Inc.

Careers, N.Z. (2012). Holland’s Theory of Career Choice. [Online]. Tersedia di : https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.careers.govt.nz/assets/pages/docs/career-theory-model-holland.pdf&ved=2ahUKEwjUgbmhkO3dAhWLN48KHTlYDM8QFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw1CMWdFMR9k_he_P92ZRHSu Diakses pada tanggal 4 Oktober 2018 pada pukul 22.15 wib

Carson, A.D. (2008). National Analysis. Applications of Holland's Vocational Theory to Counselling Practice Related to Vocational Education McGill Journal of Education, 29 (3), hlm. 281-294.

Dirgatama, N. (2017). Layanan Informasi. [Online]. Tersedia di: https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://repository.radenintan.ac.id/2394/7/BAB_II.pdf&ved=2ahUKEwiGuvjOtJXgAhXPTn0KHQcwC10QFjABegQIBBAB&usg=AOvVaw3qnm4mje84Knc7R2rTo0E9&cshid=1548848515977 Diakses pada tanggal 28 Januari 2019 pada pukul 18.48 wib.

Dwi, P.B. (2015). Peran Layanan Informasi dalam Memantapkan Peminatan Jurusan di SMK PGRI 6 Surabaya. (Skripsi). Sarjana Pendidikan, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Hurlock, E.B. (2012). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Ibnu, S. (2000). Pengambilan Keputusan dan Sistem Informasi. Jakarta: Sinar Grafika Offset.

Irmayanti, R. (2019). PERENCANAAN KARIER PADA PESERTA DIDIK SMP. QUANTA, 3(1), 1-5.

Istiadah, F.N; Imaddudin, A; Arumsari, C; dkk. (2019). Program Bimbingan Karier Pada Siswa Kelas XII SMK Assaabiq Singaparna. 1 (1), hlm. 31-40.

Jamilah, S. (2005). Hambatan yang Mempengaruhi Ketepatan Pemilihan Karier Siswa Kelas 11 di SMA Negeri Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2004/2005. (Tesis). Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Pramudi, H. (2015). Kemampuan Pengambilan Keputusan Karier Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga. (Jurnal Skripsi). Sarjana Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rhineka Cipta.

Rahmat, D., Wahyuni, E., & Herdi. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Karier Mahasiswa Jurusan Bimbingan Dan Konseling. hlm. 20-24.

Setiawan, A. (2009). Ice Breakers For Teachers. Surabaya: Eduvison Press

Setiyowati. (2015). Hubungan Efektifitas Bimbingan Karier dan Orientasi Masa Depan dengan Keputusan Karier Remaja. (Naskah Publikasi). Sekolah Pascasarjana, Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Sharf, R. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling. California: Wadswort, inc.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumardiana, H.G. (2016). Pengaruh Bimbingan Karier Menggunakan Teori John L. Holland Dalam Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas Ix Smp Negeri 1 Onosalam Kabupaten Jombang.(Skripsi). Sarjana Pendidikan, Universitas Nusantara PGRI, Kediri.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah. Pekanbaru: Raja Grafindo Persada.

Wicaksana, S,. (2015). Pengembangan Aplikasi Tes Karier Holland Dengan Instrumen Strong Interest Inventory (Sii) Disesuaikan Dengan Prodi Di Universitas Telkom ISSN : 2442-5826, 1 (2), hlm. 1077-1080.

Winkel, W.S & Sri, H. (2008). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT.Grasindo

Zunker, V.G. (2008). Career Counseling 7th Edition A Holistic Approach. USA: Thomson Books/Cole.

Downloads

Published

2020-06-02

How to Cite

Wardhani, N. A., Isti’adah, F. N., & Arumsari, C. (2020). EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI KARIER JOHN LEWIS HOLLAND TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN KARIER SISWA SMP. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 4(2), 58–68. https://doi.org/10.22460/q.v4i2p58-68.1760