Penerapan Gaya Belajar melalui Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa di SMPIT Assyifa Boardingschool

Authors

  • Hasanah Hasanah -

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4699

Keywords:

Keterampilan Belajar; Gaya Belajar; Bimbingan Klasikal; PTBK; Bimbingan dan Konseling.

Abstract

This study aims to determine the description of the learning styles of female VIII class students, before and after being given the application of classical guidance services. As well as to find out the effectiveness of the application of learning styles through classical services, the research method conducted was Classroom Action Research. Classroom action research conducted by design refers to the design of the Kemmis & Taggart model, the stages of action include (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The research was conducted with two cycles. The results of the study concluded that an increase in the value or learning outcomes of students when they understand and practice learning styles means that these students have good learning skills, so it has an impact on good grades as well.

References

Abrizah, A. (2022). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Sejarah Kebudayaan Islam di MTs N 1 Pelalawan. El-Darisa: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 142-152. http://ejournal.staihwduri.ac.id/index.php/eldarisa/article/view/7

Abubakar, H. R. I. (2021). Pengantar metodologi penelitian. SUKA-Press UIN Sunan Kalijaga.

Anisah, L. (2016). Kompetensi profesional konselor dalam penyelenggaraan penelitian tindakan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1). https://doi.org/10.24176/jkg.v2i1.557

Arifin, H. Z. (2017). Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar. SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan, 2(1). https://doi.org/10.46576/jsa.v2i1.116

Budiarti, I., & Jabar, A. (2016). Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin tahun ajaran 2015/2016. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 142-147. https://core.ac.uk/download/pdf/327938003.pdf

Budiono, S. (2021). Konseling Kreatif dan Inovasi Dalam Penelitian Tindakan Bidang Bimbingan dan Konseling. ACTION: Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas Dan Sekolah, 1(1), 62-68. https://doi.org/10.51878/action.v1i1.360

Falah, A. (2015). Studi Analisis Aspek-Aspek Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SDN 01 Karangmalang Gebog Kudus. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 3(1). http://dx.doi.org/10.21043/elementary.v3i1.1449

Fitria, K., & Fadlillah, M. (2023). Karakteristik Kecerdasan Logika Matematika dan Implementasinya dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Journal of Education For All, 1(1), 1-12. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i1.4

Fitriani, F., Mahsul, A., & Sudiani, S. (2023). Keterampilan Berpikir Analitis Dalam Menyelesaikan Soal Berbasis Masalah Ditinjau Dari Gaya Belajar Peserta Didik. Reflection Journal, 3(1), 8-20. https://doi.org/10.36312/rj.v3i1.1232

Ghufron, M., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). Upaya meningkatkan motivasi belajar dengan metode bimbingan klasikal berbasis media audio visual dalam: literatur review. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2 Juli), 331-338. https://doi.org/10.32806/jkpi.v3i2.31

Handayani, T. (2011). Membangun komunikasi efektif untuk meningkatkan kualitas dalam proses belajar mengajar. Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam, 16(02), 273-302. https://doi.org/10.19109/td.v16i02.64

Hayati, I. R., & Sujadi, E. (2018). Perbedaan Keterampilan belajar antara siswa IPA dan IPS. Tarbawi: jurnal ilmu pendidikan, 14(1), 1-10. https://doi.org/10.32939/tarbawi.v14i1.250

Malik, A. R., Emzir, E., & Sumarni, S. (2020). Pengaruh strategi pembelajaran mobile learning dan gaya belajar visual terhadap penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa SMA NEGERI 1 MAROS. Visipena, 11(1), 194-207. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1090

Marpaung, J. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kecerdasan majemuk anak. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1). https://doi.org/10.33373/kop.v4i1.1118

Mashudi, M. (2021). Pembelajaran modern: membekali peserta didik keterampilan abad ke-21. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 93-114. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/article/view/3187

Mazaya, F. (2019). Gaya belajar mahasiswa berprestasi akademik: Studi kasus pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). http://etheses.uin-malang.ac.id/16267/

Muthoharoh, N. B. (2016). Tingkat Intelegensi Dan Peran Orang Tua Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Inggris. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(1), 35-45. http://dx.doi.org/10.30998/fjik.v3i1.730

Nugroho, U. (2018). Metodologi penelitian kuantitatif pendidikan jasmani. Penerbit CV. Sarnu Untung.

Prakoso, R. Y., Wagimin, W., & Hidayat, R. R. (2018). Kontribusi Keterampilan Belajar terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Psikoedukasi dan Konseling, 2(1), 19-25. https://jurnal.uns.ac.id/jpk/article/view/22666

Risdiawati, Y. R. (2012). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (STAD) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 1 Imogiri tahun ajaran 2011/2012. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1(2). http://journal.uny.ac.id/index.php/jkpai/article/viewFile/879/698

Rosita, I., & Leonard, L. (2015). Meningkatkan kerja sama siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v3i1.108

Wassahua, S. (2016). Analisis gaya belajar siswa terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan siswa kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Matematika dan Pembelajaran, 4(1), 84-104. https://iainambon.ac.id/ojs/ojs-2/index.php/INT/article/view/310

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18-23. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/5734

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Konselor, 6(1), 18-23. https://doi.org/10.24036/02017615734-0-00

Downloads

Published

2024-05-09

How to Cite

Hasanah, H. (2024). Penerapan Gaya Belajar melalui Layanan Bimbingan Klasikal untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar Siswa di SMPIT Assyifa Boardingschool . Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 8(2), 88–95. https://doi.org/10.22460/quanta.v8i2.4699