PROFIL KEPEMIMPINAN DIRI SISWA SMA DAN IMPLIKASI BAGI BIMBINGAN DAN KONSELING PRIBADI SOSIAL
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v4i2p52-57.1759Keywords:
Kata Kunci, Kepemimpinan diri, Program Bimbingan dan Konseling Pribadi SosialAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kepemimpinan diri siswa dan membuat rancangan program bimbingan dan konseling pribadi sosial untuk mengembangkan kepemimpinan diri siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik pengambilan sampel acak, dengan sampel 106 siswa kelas XI SMAN 1 Jawilan. Penelitian mengenai kepemimpinan diri siswa di lihat dari tiga indikator, yaitu, pemusatan perilaku, strategi penghargaan alami, dan pola pikir konstruktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa penyebaran instrument penelitian berupa angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepemimpinan diri siswa SMAN 1 Jawilan berada pada kategori sedang sebesar 65%, pada kategori tinggi sebesar 19% dan 16% pada kategori rendah. Setelah mengetahui tingkat kepemimpinan diri siswa, selanjutnya merancang program dibuat berdasarkan hasil penelitian yang telah di dapat.
Â
Â
References
Fatika, V.R dan Purwanto. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Diri, Komunikasi Interpersonal, Dan Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Motivasi Berwirausaha Siswa Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Negeri 1 Wonosari. 380-391
Ivantoro, D., dan Barus, G. (2017). Peningkatan Karakter Self Leadership Melalui Layananbimbingan Klasikal Dengan Pendekatan Experiential Learning (Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling pada Siswa Kelas VIII A SMP BOPKRI 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016). 29-48
Jackson, L.J. (2004). Self-Leadership Through Business Decision-Making Models, Disertasi, University of Phoenix.
Kartono, K. (2005). pemimpin dan kepemimpinan. Jakarta: PT. Grafindo persada.
Marthaningtyas, M. P. (2016). Analisis Kepemimpinan Diri Dalam Menyusun Skripsi Pada Mahasiswa Semester VII Prodi Bimbingan Dan Konseling Universitas PGRI Semarang Angkatan 2013. 3(2), 65-67.
Neck, C. P., dan Houghton, J. D. (2006). Two decades of self-leadership theory and research Past developments, present trends, and future possibilities. Journal of Managerial Psychology, 21(4), 270-295.
Roudhoh, N. (2018). 28 siswa terciduk sedang main playstation. [online]. Tersedia di: http://bantenraya.com/berita/2018. [05 oktober 2019].
Rosiman, M. (2008). kepemimpinan diri. diakses dari http://trusco.or.id/kepemimpinanadiri.html
Rully, dan Poppy. (2014). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, dan campuran untuk managemen, pembangunan, dan pendidikan. Bandung: PT. Refika Aditama.
Semerci, N. (2010). The relationships between self leadership and critical thinking. African Journal of Business Management, 4(8), 1639-1643.
Sobur, A. (2016). Psikologi Umum. Bamdung: Pustaka setia.
Soetopo, H. (2010). Perilaku Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Wirawan. (2014). Kepemimpinan, Teori, Psikologi, Prilaku organisasi,Aplikasi dan penelitian:Contoh aplikasi untuk kepemimpinan wanita, Organisasi bisnis, Pendidikan dan Militer. Jakarta: Rajagrafindo persada.
Yusuf, S., dan Nurihsan, A. J. (2014). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.