Konseling Kognitif-Behavioral : Suatu Pendekatan Berbantuan E-Counseling IKIP Siliwangi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Performa Akademik

Authors

  • Siti Fatimah IKIP Siliwangi
  • Ardian Renata Manuardi IKIP Siliwangi
  • Rini Meilani IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v5i3p87-94.2814

Keywords:

Kata Kunci, Konseling Kognitif-Behavioral, E-Counseling, Efikasi Diri, Performa Akademik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan konseling kognitif-behavioral berbantuan e-counseling dalam meningkatkan efikasi diri performa akademik yang merujuk pada fenomena mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik baik namun cenderung memiliki konsep berfikir negatif yang dapat menurunkan efikasi diri dalam proses akademiknya di Perguruan Tinggi. Konseling kognitif-behavioral diharapkan dapat membantu mengoreksi self-beliefs yang salah atau menyimpang sehingga mengakibatkan cara berpikir tidak rasional dan juga membantu individu mengatasi masalah psikologis yang mengganggu keberfungsiannya secara sosial dan individual. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu desain pra eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi yang terdiri dari 13 mahasiswa. Alat ukur pada penelitian ini menggunakan skala efikasi diri performa akademik yang diturunkan dari tiga dimensi menurut Bandura dengan kategori reliabilitas Guilford sedang yaitu 0,554. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon dengan nilai Asyimp.Sig. (2-Tailed) bernilai 0,001 < 0,05, menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima yaitu ada perbedaan tingkat efikasi diri performa akademik antara sebelum dan sesudah perlakuan dengan konseling kognitif-behavioral sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kognitif-behavioral berhasil dalam meningkatkan efikasi diri performa akademik mahasiswa Bimbingan dan Konseling IKIP Siliwangi.  

References

Bachria, R. D. (2012). Efikasi Diri Pada Performa Akademik Asisten Dosen Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. (Unpublished Doctoral Dissertation). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia.

Bandura, A. (1995). Self-Efficacy in Changing Societies. New York: Cambridge University Press.

BBC. (2019). Peringkat pendidikan Indonesia di bawah Malaysia dan Brunei, China yang terbaik di dunia, Online, Diakses pada tanggal 10 Maret 2020.

Bernardin, H. J & Russel, J. E. A. (1993). Human Resource Management. Singapore: McGraw Hill, inc.

Creswell, J. W. (2012). Educational Research. Boston: Pearson Education, Inc.

Cully, A. & Teten, A. (2008). A therapist’s guide to brief cognitive behavioral therapy. Houstin: Departement of veterans affairs south central MIRECC.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Dewi, F. A., Atmoko, A., & Triyono, T. (2016). Keefektifan Teknik Self Instruction dalam Konseling Cognitive Behavior Counseling untuk Meningkatkan Efikasi Diri Sosial Siswa SMKN 2 Malang. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(4), 172-178. http://dx.doi.org/10.17977/um001v1i42016p172

Dobson, K. S. (2010). Handbook of cognitive-behavioral therapies. (third Edition). New York : The Guilford Press.

Fatimah, S. (2017). Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(1), 93-122. http://dx.doi.org/10.29080%2Fjbki.v6i1.50.

Hartanto, D. (2012). Bimbingan Dan Konseling Menyontek (Mengungkap Akar Masalah Dan Solusinya). Jakarta: Indeks.

Jones, R. N. (2011). Teori dan Praktik Konseling dan Terapi (Eds 4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kwon, J. W and Kim, S.D. (2014). Characterization of an antibiotic produced by bacillus subtilis JW-1 that suppresses Ralstonia solanacearum. J. Microbiol. Biotechnol. 24(1): 13-18, http://dx.doi.org/10.4014/jmb.1308.08060.

Manuardi, A. R. (2018). Pengaruh Strategi Restrukturisasi Kognitif terhadap Efikasi Diri Performansi Akademik Mahasiswa Psikologi Universitas Negeri Malang. (Thesis). Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Manuardi, A. R. (2019). The Language Style of Prospective Counselors in Islamic Perspectives: Implications for Career Counseling. KONSELING RELIGI Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 10 (2), 315-328. http://dx.doi.org/10.21043/kr.v10i2.6594.

Muliawati, A. (2015). Hubungan Word Of Mouth Dengan Postpurchase Dissonance Pada Wanita Konsumen Skin Care X Di Kota Bandung. (Doctoral dissertation) Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung, Indonesia.

O’Brien, P., Revaprasadu, N. (2013). Solid-State Materials, Including Ceramics and Minerals. In Reedijk, J., Poeppelmeier, K. (eds.), Comprehensive Inorganic Chemistry II, 2nd ed. Elsevier. United states. pp.xxii-xxiv.

Rusmana, N. (2009). Bimbingan dan konseling kelompok di sekolah (Metode, teknik, dan aplikasi). Bandung: Rizqi Press.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wijaya, I. P. (2012). Efikasi diri akademik, dukungan sosial orangtua dan penyesuaian diri mahasiswa dalam perkuliahan. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.30996/persona.v1i1.14

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Fatimah, S., Manuardi, A. R., & Meilani, R. (2021). Konseling Kognitif-Behavioral : Suatu Pendekatan Berbantuan E-Counseling IKIP Siliwangi Untuk Meningkatkan Efikasi Diri Performa Akademik. Quanta Journal, 5(3), 87–94. https://doi.org/10.22460/q.v5i3p87-94.2814