PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA SMP NEGERI KECAMATAN SEMARANG TIMUR DITINJAU DARI GENDER

Authors

  • Tivanny Octasya Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
  • Eni Rindi Antika Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.3918

Keywords:

self-compassion, regulasi emosi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap regulasi emosi siswa SMP Negeri Kecamatan Semarang Timur ditinjau dari gender. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitaif dengan desain ex-post facto. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 6 yang berada di wilayah Kecamatan Semarang Timur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.111 siswa. Sampel penelitian berjumlah 286 siswa kelas VII dan kelas VIII yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self-compassion dan skala regulasi emosi siswa yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis moderasi berbasis regresi. Self-compassion siswa berada pada kategori sedang (M = 54) dan regulasi emosi siswa berada pada kategori sedang (M = 75.90 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-compassion berpengaruh terhadap regulasi emosi dengan nilai (R2 = 0,551, Ï < 0,05). Artinya self-compassion memberikan kontribusi terhadap regulasi emosi sebesar 55,1%. Selanjutnya diketahui bahwa gender tidak memiliki efek pada pengaruh self-compassion terhadap regulasi emosi. Guru BK direkomendasikan untuk membantu siswa ke arah pengembangan self-compassion siswa melalui layanan bimbingan konseling khususnya konseling kelompok. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan serupa yang dilakukan di berbagai setting pendidikan dan juga dapat meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi regulasi emosi selain self-compassion.

References

Aldao, A., Sheppes, G., & Gross, J. J. (2015). Emotion Regulation Flexibility. Cognitive

Therapy and Research, 39(3), 263–278. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9662-4

Amaranggani, A. P., Prana, T. T., Arsari, N. M. C. D., Surbakti, A. M., & Rahmandani, A.

(2021). Self-Compassion dan Negative Emotional States Pada Mahasiswa Kedokteran

Umum: Hubungan dan Prevalensi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2),

–230. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1623

Angelika, S., Satiadarma, M. P., & Koesma, R. E. (2019). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self-Compassion Pada Orang Dengan Hiv/Aids (Odha). Jurnal Muara

Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 219.

https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3462

Damau, R. G. A. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Terapi Syukur Terhadap

Peningkatan Self Compassion Santri Di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum,

Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling

Islam Jurusan Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri

Sunan Ampel Surabaya, 50.

Dewi, A. P., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Asertivitas Pada

Siswa Sekolah Menengah Pertama. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 1–10.

Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.2.1.1-11

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran

Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2),

https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932

Gratz, K. L., & Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and

Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficulties

in Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment,

(1), 41–54. https://doi.org/10.1023/B:JOBA.0000007455.08539.94

Gross, J. J. (2014). Conceptual and Empirical Foundations. Hanbook of Regulation Emotion

Second Edition, 3–20.

Halim, A. R. (2015). Pengaruh Self-Compassion Terhadap Subjective Well-Being pada

Mahasiswa Asal Luar Jawa Tahun Pertama Universitas Negeri Semarang. Skripsi.

Harnas, F. A., Gustriani, T., & Azra, M. Z. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self

Compassion Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mimbar: Media

Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 7(2), 186–203.

https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.773

Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019b). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada

Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740

HERMAWAN, M. F. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Regulasi Emosi Remaja.

Universitas Negeri Jakarta.

Hidayati, F. N. . (2015). Hubungan Antara Self Compassion Dengan Work Family Conflict

Pada Staf Markas Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip,

(2), 183–189. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.183-189

Mu’arifah, A. (2020). Pengaruh Attachment dan Harga Diri terhadap Regulasi Emosi Siswa.

Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 9–17.

https://doi.org/10.17977/um001v5i12020p009

Neff, K. D. (2003). The Relational Compassion Scale: Development and Validation of a new

self rated Scale for the Assessment of Self Other Compassion. Self and Identity, 2(3), 223–

https://doi.org/10.1080/15298860390209035

Pratiwi, D., Dahlan, T. H., & Damaianti, L. F. (2019). Pengaruh Self-Compassion Terhadap

Kesepian Pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 88–97.

https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.22349

Rusmaladewi, Indah, D. R., Kamala, I., & Anggraini, H. (2020). Regulasi Emosi pada

Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR.

QUANTA Volume X, No. X, XXXXX 2017 pp XX-XX 11

Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 43.

Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN

ASERTIVITAS (Studi Korelasi pada Siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal

EMPATI, 4(2), 175–181. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14912

Shofiyah, A. (2021). Hubungan antara Self-compassion dengan Regulasi Emosi pada Ibu yang

MemilikAnakAutis.http://digilib.uinsby.ac.id/47337/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/4733

/2/Ainaini Shofiyah_J01216002.pdf

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (23rd ed.). Alfabeta.

Wahyuni, E., & Arsita, T. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa di SMA Negeri SeJakarta Pusat. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 125–135.

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/12370

Widyaningsih, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Regulasi Emosi Dan. 5,

–838.

Zakaria, M. A. (2022). Dampak pembatasan pembelajaran luring pasca pandemi covid 19

terhadap kegiatan pembelajaran pada siswa sma muhammadiyah 1 ponorogo

Downloads

Published

2023-09-28

How to Cite

Octasya, T., & Antika, E. R. (2023). PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA SMP NEGERI KECAMATAN SEMARANG TIMUR DITINJAU DARI GENDER. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(3), 99–107. https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.3918