PENGARUH SELF-COMPASSION TERHADAP REGULASI EMOSI SISWA SMP NEGERI KECAMATAN SEMARANG TIMUR DITINJAU DARI GENDER
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v7i3.3918Keywords:
self-compassion, regulasi emosiAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh self-compassion terhadap regulasi emosi siswa SMP Negeri Kecamatan Semarang Timur ditinjau dari gender. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitaif dengan desain ex-post facto. Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 6 yang berada di wilayah Kecamatan Semarang Timur. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 1.111 siswa. Sampel penelitian berjumlah 286 siswa kelas VII dan kelas VIII yang diambil dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah skala self-compassion dan skala regulasi emosi siswa yang sudah di uji validitas dan reliabilitasnya. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis data yaitu analisis deskriptif dan analisis moderasi berbasis regresi. Self-compassion siswa berada pada kategori sedang (M = 54) dan regulasi emosi siswa berada pada kategori sedang (M = 75.90 ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa self-compassion berpengaruh terhadap regulasi emosi dengan nilai (R2 = 0,551, Ï < 0,05). Artinya self-compassion memberikan kontribusi terhadap regulasi emosi sebesar 55,1%. Selanjutnya diketahui bahwa gender tidak memiliki efek pada pengaruh self-compassion terhadap regulasi emosi. Guru BK direkomendasikan untuk membantu siswa ke arah pengembangan self-compassion siswa melalui layanan bimbingan konseling khususnya konseling kelompok. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lanjutan serupa yang dilakukan di berbagai setting pendidikan dan juga dapat meneliti faktor-faktor lain yang mempengaruhi regulasi emosi selain self-compassion.References
Aldao, A., Sheppes, G., & Gross, J. J. (2015). Emotion Regulation Flexibility. Cognitive
Therapy and Research, 39(3), 263–278. https://doi.org/10.1007/s10608-014-9662-4
Amaranggani, A. P., Prana, T. T., Arsari, N. M. C. D., Surbakti, A. M., & Rahmandani, A.
(2021). Self-Compassion dan Negative Emotional States Pada Mahasiswa Kedokteran
Umum: Hubungan dan Prevalensi. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(2),
–230. https://doi.org/10.33367/psi.v6i2.1623
Angelika, S., Satiadarma, M. P., & Koesma, R. E. (2019). Penerapan Art Therapy Untuk Meningkatkan Self-Compassion Pada Orang Dengan Hiv/Aids (Odha). Jurnal Muara
Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 3(1), 219.
https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v3i1.3462
Damau, R. G. A. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Terapi Syukur Terhadap
Peningkatan Self Compassion Santri Di Yayasan Pondok Pesantren Asy-Syifaa Totikum,
Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling
Islam Jurusan Dakwah Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri
Sunan Ampel Surabaya, 50.
Dewi, A. P., & Savira, S. I. (2021). Hubungan Antara Regulasi Emosi Dengan Asertivitas Pada
Siswa Sekolah Menengah Pertama. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(6), 1–10.
Https://Doi.Org/10.33369/Consilia.2.1.1-11
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor Pemicu Kecemasan Siswa dalam Melakukan Pembelajaran
Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2),
https://doi.org/10.33087/jiubj.v20i2.932
Gratz, K. L., & Roemer, L. (2004). Multidimensional Assessment of Emotion Regulation and
Dysregulation: Development, Factor Structure, and Initial Validation of the Difficulties
in Emotion Regulation Scale. Journal of Psychopathology and Behavioral Assessment,
(1), 41–54. https://doi.org/10.1023/B:JOBA.0000007455.08539.94
Gross, J. J. (2014). Conceptual and Empirical Foundations. Hanbook of Regulation Emotion
Second Edition, 3–20.
Halim, A. R. (2015). Pengaruh Self-Compassion Terhadap Subjective Well-Being pada
Mahasiswa Asal Luar Jawa Tahun Pertama Universitas Negeri Semarang. Skripsi.
Harnas, F. A., Gustriani, T., & Azra, M. Z. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Self
Compassion Pada Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Mimbar: Media
Intelektual Muslim Dan Bimbingan Rohani, 7(2), 186–203.
https://doi.org/10.47435/mimbar.v7i1.773
Hasmarlin, H., & Hirmaningsih, H. (2019b). Self-Compassion dan Regulasi Emosi pada
Remaja. Jurnal Psikologi, 15(2), 148. https://doi.org/10.24014/jp.v15i2.7740
HERMAWAN, M. F. (2020). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap Regulasi Emosi Remaja.
Universitas Negeri Jakarta.
Hidayati, F. N. . (2015). Hubungan Antara Self Compassion Dengan Work Family Conflict
Pada Staf Markas Palang Merah Indonesia Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip,
(2), 183–189. https://doi.org/10.14710/jpu.14.2.183-189
Mu’arifah, A. (2020). Pengaruh Attachment dan Harga Diri terhadap Regulasi Emosi Siswa.
Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 9–17.
https://doi.org/10.17977/um001v5i12020p009
Neff, K. D. (2003). The Relational Compassion Scale: Development and Validation of a new
self rated Scale for the Assessment of Self Other Compassion. Self and Identity, 2(3), 223–
https://doi.org/10.1080/15298860390209035
Pratiwi, D., Dahlan, T. H., & Damaianti, L. F. (2019). Pengaruh Self-Compassion Terhadap
Kesepian Pada Mahasiswa Rantau. Jurnal Psikologi Insight, 3(2), 88–97.
https://doi.org/10.17509/insight.v3i2.22349
Rusmaladewi, Indah, D. R., Kamala, I., & Anggraini, H. (2020). Regulasi Emosi pada
Mahasiswa Selama Proses Pembelajaran Daring di Program Studi PG-PAUD FKIP UPR.
QUANTA Volume X, No. X, XXXXX 2017 pp XX-XX 11
Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 16(2), 43.
Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN
ASERTIVITAS (Studi Korelasi pada Siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal
EMPATI, 4(2), 175–181. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14912
Shofiyah, A. (2021). Hubungan antara Self-compassion dengan Regulasi Emosi pada Ibu yang
MemilikAnakAutis.http://digilib.uinsby.ac.id/47337/%0Ahttp://digilib.uinsby.ac.id/4733
/2/Ainaini Shofiyah_J01216002.pdf
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (23rd ed.). Alfabeta.
Wahyuni, E., & Arsita, T. (2019). Gambaran Self-Compassion Siswa di SMA Negeri SeJakarta Pusat. Insight: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(2), 125–135.
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/12370
Widyaningsih, W. (2019). Pengaruh Pola Asuh Otoritatif Terhadap Regulasi Emosi Dan. 5,
–838.
Zakaria, M. A. (2022). Dampak pembatasan pembelajaran luring pasca pandemi covid 19
terhadap kegiatan pembelajaran pada siswa sma muhammadiyah 1 ponorogo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 QUANTA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.