Tingkat Perilaku Asertif Siswa Kelas X SMK N 6 Semarang Ditinjau dari Layanan Bimbingan dan Konseling
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v8i1.4496Keywords:
Asertif, Peserta didikAbstract
Perilaku asertif merupakan soft skill kecakupan hidup yang sangat penting untuk dimiliki individu, karena perilaku asertif sangat diperlukan dalam sisi kehidupan individu untuk menjalani hari-harinya. Latar belakang penelitian ini karena ditemukan peserta didik yang kurang memiliki perilaku asertif. Peneliti melakukan peneitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat perilaku asertif peserta didik kelas X di SMK N 6 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan kepada peserta didik kelas X dengan teknik pengambilan simple random sampilng. Hasil penelitian yang didapatkan setelah dilakukan olah data, menunjukan peserta didik di kelas X SMK N 6 Semarang berada pada 3 kategori diantaranya: kategori rendah dengan sebanyak 144 peserta didik dan persentase 40,91%, kategori sedang dengan jumlah 177 peserta didik dan persentase 50,28%, lalu kategori tinggi 31 peserta didik dan persentase 8,81%. Hasil ini menunjukan bahwa peserta didik kelas X SMK N 6 Semarang berada pada kategori sedang, namun dalam mengungkapkan isi pikiran dan perasaan mereka masih memiliki hambatan.
References
Alberti, R.E & Emmons, M. L. (2002). Your Perfect Right: Panduan Praktis Hidup Lebih Ekspresif dan Jujur pada Diri Sendiri. Jakarta : Elex Media Komputindo
Ampuno, S. (2020). Perilaku Asertif Generasi Milenial Dalam Perspektif Psikologi Islam. JIVA : Journal of Behavior and Mental Health, 1(1), 18–27.
https://doi.org/10.30984/jiva.v1i1.1163
Astuti, D., & Suharso, S. (2021). Perilaku Asertif Dalam Menolak Ajakan Penyalahgunaan Narkoba Ditinjau Dari Gender (Assertive Behavior in Refusing Drug Abuse Taxed From Gender ). Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang, vol 8.
https://doi.org/10.26877/empati.v8i2.8015
Azis, A. R. (2015). Efektivitas Pelatihan Asertivitas untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa Korban Bullying. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(2), 8–14.
https://doi.org/10.29210/12500
Husnah, S., Wahyuni, E., & Fridani, L. (2022). Gambaran Perilaku Asertif Siswa Sekolah Menengah Atas. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1370–1377.
https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1858
Khairani, A., Martunis, & Fajriani. (2017). Pelaksanaan Teknik Sertif untuk Meningkatkan Perilaku Asertif Siswa di SMPN 2 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 65–72.
http://www.jim.unsyiah.ac.id/pbk/article/view/2803.
Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. Fondatia, 3(2), 103–113.
https://doi.org/10.36088/fondatia.v3i2.361
Ratnasari, S., & Arifin, A. A. (2021). Teknik Assertive Training Melalui Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial Siswa. Konseling: Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 49–55. https://doi.org/10.31960/konseling.v2i2.802
Rohyati, E., & Purwandari, Y. H. (2015). Perilaku Asertif Pada Remaja. In Psikologi (Vol. 11, Issue 18583970, pp. 1–11).
https://ejournal.up45.ac.id/index.php/psikologi/article/view/107
Sari, A. J., Sismiati, A., & Hidayat, D. R. (2013). ASERTIFITAS SISWA TERHADAP PERILAKU SEKSUAL (Survei di Kelas XI SMA Negeri 31 Jakarta). INSIGHT: Jurnal Bimbingan …. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/insight/article/view/1682
Sriyanto, -, Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74.
https://doi.org/10.22146/jpsi.6959
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.
Wijayanti, W. A., & Nusantoro, E. (2022). Hubungan antara kepercayaan diri dengan perilaku asertif dalam menyampaikan pendapat di kelas pada siswa smpn 21 semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 11(1), 1–8.
http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk
Yulianti, P. D. (2019). Profil Asertivitas Mahasiswa. EMPATI-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.26877/empati.v6i1.4116
kelliat,B.A.,Tololiu,T.A.,Daulima,N.h.c.&Ernawati,E.(2015). Effectivenessassertive training of bullying prevention among adolencents in west java Indonesia. International Journal Of Nursing, 2 (1), 128-138.
DOI.10.15640/ijn.v2n1a14.
Munir, L. Z. (2019). Hubungan Perilaku Asertif dengan Kenalan Remaja dan Masalahanya di SMAN 2 Masbagik. FONDATIA, 3(2), 103-113.
Doi. 10.36088/fondatia.v3i2.361
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Chusna Pradipta Ekiyani, Jovita Juliejantiningsih, Sri Wahyuni

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.