Pengaruh Self-Efficacy Career Terhadap Perencanaan Karier Peserta Didik di SMA Gemolong
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v6i2p1-10.3064Keywords:
Efikasi Diri Karier, Perencanaan KarierAbstract
Melalui studi pendahuluan dengan Guru BK ditemukan bahwa peserta didik kelas XI belum terlalu memikirkan perencanaan karier dengan mengetahui bakat dan minat dirinya. Di sisi lain, dibutuhkan adanya keyakinan dari dalam diri dan usaha untuk mencapai tujuan karier peserta didik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat self-efficacy career dan perencanaan karier serta untuk menganalisis besarnya pengaruh antara self-efficacy career terhadap perencanaan karier peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gemolong. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik memiliki self-efficacy career yang tinggi, perencanaan karier yang rendah, serta terdapat pengaruh self-efficacy career terhadap perencanaan karier pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gemolong. Berdasarkan uji hipotesis menggunakan uji parsial sampel diperoleh t hitung sebesar 10.630, jika sampel (N=81) dengan taraf kesalahan 5% diperoleh t tabel 1.671 maka t hitung > t tabel berarti dapat dikatakan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara self-efficacy career dengan perencanaan karier pada peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gemolong. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara self-efficacy career terhadap perencanaan karier peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Gemolong.
References
Abdul Latif dkk . (2017) “Hubungan Perencanaan Karier dan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Mahasiswaâ€Konselor, 6 (1), hal. 29-38
Antoniu, E. (2010). Career Planning Process and Its Rolr in Human Resource Development. Annals of University of Petrosani, Economics. 10 (2); 13-22
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Astuti, R. dan Gunawan, W. (2016) “Sumber-Sumber Efikasi Diri Karier Remaja Sources of Career Self-Efficacy on Adolescents,†Jurnal Psikogenesis, 4(2), hal. 141–151.
Atmaja, T. T. (2014) “Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul,†PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(2), hal. 57. doi: 10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466.
Citra, N. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Karier Dalam Meningkatkan Pengetahuan Karier Peserta Didik Di Man 1 Bandar Lampung. Repository UIN Raden Lampung, 18.
Chan, C. C. (2020) “Social support, career beliefs, and career self-efficacy in determination of Taiwanese college athletes’ career development,†Journal of Hospitality, Leisure, Sport and Tourism Education, 26(September), hal. 100232. doi: 10.1016/j.jhlste.2019.100232.
Hurlock, E. B. (1980). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Rentang Kehidupan. Terjemahan. Jakarta: Erlangga.
Maddux, J.E. (1995) Self-Efficacy, Adaptation, and Adjustment: Theory, Research, and Application. Plenum Press, New York. http://dx.doi.org/10.1007/978-1-4419-6868.
Rahmawati, N. R., Handarini, D. M. dan Triyono, T. (2017) “Relation of Emotional Intelligence, Self-esteem, Self-efficacy, and Psychological Well-Being Students of State Senior High School,†Jurnal Pendidikan Humaniora, 5(1), hal. 40–46. doi: 10.17977/um030v5i12017p040.
Santiyatun. (2019). “Hubungan Career Self-Efficacy dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarangâ€. Skripsi. Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Sholekah, Anna Mudarrisatus. (2018). Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Keluarga dengan Perencanaan Karier Siswa. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Wahyuningsih, ika heni. (2018). Pengaruh Efikasi Diri, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Dan Xi Iis di Sma Negeri 6 Yogyakarta. Skripsi dipublikasikan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Winkel, W.S., & Hastuti, S. (2004). Bimbingan Karir di Instusi Pendidikan. Jakarta: Media Abadi.
Yean, F. T., & Yahya, K. K. (2013). The Influence of Human Resource Management Practice and Career Strategy on Career Satisfaction of Insurance Agent. International Journal of Business and Society. Vol.14 No.2, 193-206.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 QUANTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.