HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v5i3p95-105.2815Keywords:
Kata Kunci, Harga diri, Perilaku AsertifAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada remaja. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2020 di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif dengan desain penelitian Korelational. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 12 kelas. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak enam kelas. Instrument yang digunakan dalam membuat pernyataan harga diri, mengunakan aspek-aspek yang digunakan oleh Coopersmith (Suhron, 2016). Sedangkan interument yang digunakan untuk membuat pernyataan prilaku asertif, merujuk pada aspek-aspek yang dikembangkan oleh Alberti & Emmons (2017). Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan harga diri dengan perilaku asertif berkorelasi kuat dengan angka sig 0,69. Hal ini menunjukan bahwa harga diri pada remaja kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya memiliki hubungan yang kuat. ÂReferences
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya
Asnita, Liana., Arneliawati., Jumaini. (2015). Hubungan Tingkat Stres Dengan Harga Diri Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan. JOM, 2(2), 1231-1240
Alberti, R. & Emmons, M. (2017). Your Perfect Right. California : Impact Publishers
Ali & Asrori. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Audina, Aska, A. Bakar, Abu., Nurbaity. (2019). Efektifitas Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Self Esteem pada Siswa (MTsN 2 Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 1-6.
Branden, N. (1992). The Psychology of Self Esteem. New York: Bartam Bools.
Chaplin, J.P (2001). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Grafindo
Cahyani S. D & Mudaim. (2017). Hubunngan harga diri (Self Esteem) dengan prilaku asertif peserta didik SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 206/2017. Lampung : Semnasdik
Creswell, John., W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.
Dewi, Karlina. (2017). Pengaruh Layanan Bimbigan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Prilaku asertif. Indonesia Journal Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(3), 8-14
Feist, J., & Feist, J. G. (2013). Theories of Personality : Terj. Handriatno. Jakarta: Salemba Humanika.
Gill, K., Kaur & Maheshwari, S.K. (2015). Relationship Assertiveness Self Esteem among Nurses. International Journal Health Sciences & Research, 5(6), 440-449
Heppner, P., Paul. Kivlighan, Denis, M. Wampold, Brunce, E. (2008). Research Design in Counseling. America : Thomson, Books/Cole
Hidayati N.W. (2016). Hubungan Harga Diri Dan Konformitas Teman sebaya Dengan Kenakalan Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 31-36
Indrawati, E.S & Afanjaya, M.A. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532
Kusmintardjo, Putri R.D, Arifin I. (2016). Manajemen Transportasi Sekolah Pada SD Plus Al-Kautsar Di Kota Malang. Journal 1(1) 1-20
Lubis, Aisyah., Elita, Yessy., Afriyati, Vira. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK, 1(1), 1-9
Mantiri, V. V. (2014). Perilaku menyimpang di kalangan remaja di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal, 3(1), 1-13
Miasari, Asri. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Positif Dalam Keluarga Dengan Asertivitas Pada siswa SMP 2 Depok Yogyakarta. Jurnal EMPHATY 1(1), 32-46
Muslikah & Astuti D.W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal bimbingan konseling, 5(2), 168-182
Mruk C.J.(2013). Self-Esteem and Positive Psychology : Researc, Theory, and Practice. New York : Springer Publishing Company
Qonita, R & Dahlia.(2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Pengemis Di Kota Banda Aceh. Jurnal Psikologi Unsyiah 2(1) 33-49
Rathus, S. A. (2009) Princeples And Practice Of Assertive Training : An Eclectic Overview. The Counseling Psychologist. 5(4)
Srisayekti, Wilis., Setiady A.S. (2015). Harga Diri Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156
Santrock. J. W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi ketigabelas) Jilid 2. Jakarta: Erlangga
Santrock. J. W. (2007). Adolescence. Remaja. (Edisi Terjemahan Oleh Shinto B. Adelar; Sherly Saragih). Jakarta : Erlangga.
Saputri, D.N & Wiryosutomo. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Harga diri. Jurnal BK UNESA, 8(2), 364-372
Suhron, M. (2016). Asuhan Keperawatan : Konsep Diri : Self Esteem. Bangkalan : UMPO Press
Sukma, D. (2018). Concept And Application Group Guidance and Group Counseling Base on Prayitno,s Paradigms. Journal Konselor, 7(2), 49-54
Shimizu, T., Kubota, S., Mishima, N., Nagata, S. (2004). Relationship Between Self Esteem and Assertiveness Training Among Japanese Hospital Nurses. Journal Of Occupational Health, 46(1), 296-298
Sriyanto, dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. 41 (1) : 74-88.
Sinaga, Yohanna Viscanesia. (2016). Hubungan Antara Perilaku Asertif Dan Perilaku Cyberbullying Di Jejaring Social Pada Remaja. Fakultas Psikologi: Universias Sanata Dharma
Siregar, Masyoyani. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsutif Terhadap Smartphone Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 10(2), 174-181
Sugiyo & Endah, Yekti. (2016). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling : Studi Kasus Di SMAN 1 Kota Semarang. Journal Bimbingan Konseling 5(1), 37-46
Trisakti, & Astuti, K. (2014). Hubungan Antara Harga Diri Dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Yang Authoritatif Dengan Sikap Remaja Terhadap Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Ilmiah Guru, No. 02/Tahun XVIII/November, 24-31.
Taum Yoseph Y. (2016). Kegelisahan Eksistensial Joko Pinurbo : Sebuah Tanggapan Pembaca. Jentera, 5(2), 23-41
Wulandari R, Dwikurniasih, Loekmono L. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prilaku Perundungan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tengaran. Jurnal Psikologi Konseling. 13 (2) 249-260
Yasdiananda, E.w. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 merangin. Jurnal RAP. 1(1) 102-112.