HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA

Authors

  • Wiki Aryanto Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Cucu Arumsari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Dewang Sulistiana Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v5i3p95-105.2815

Keywords:

Kata Kunci, Harga diri, Perilaku Asertif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara harga diri dengan perilaku asertif pada remaja. Penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus sampai bulan September 2020 di kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Metode yang digunakan adalah Kuantitatif dengan desain penelitian Korelational. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya tahun ajaran 2020/2021 sebanyak 12 kelas. Teknik pengambilan sample yang digunakan adalah purposive sampling sebanyak enam  kelas. Instrument yang digunakan dalam membuat pernyataan harga diri, mengunakan aspek-aspek yang digunakan oleh Coopersmith (Suhron, 2016). Sedangkan interument yang digunakan untuk membuat pernyataan prilaku asertif, merujuk pada aspek-aspek yang dikembangkan oleh Alberti & Emmons (2017). Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan harga diri dengan perilaku asertif berkorelasi kuat dengan angka sig 0,69. Hal ini menunjukan bahwa harga diri pada remaja kelas XI di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya memiliki hubungan yang kuat.  

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Asnita, Liana., Arneliawati., Jumaini. (2015). Hubungan Tingkat Stres Dengan Harga Diri Remaja Di Lembaga Pemasyarakatan. JOM, 2(2), 1231-1240

Alberti, R. & Emmons, M. (2017). Your Perfect Right. California : Impact Publishers

Ali & Asrori. (2016). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Audina, Aska, A. Bakar, Abu., Nurbaity. (2019). Efektifitas Teknik Latihan Asertif untuk Meningkatkan Self Esteem pada Siswa (MTsN 2 Aceh Besar). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan dan Konseling, 4(3), 1-6.

Branden, N. (1992). The Psychology of Self Esteem. New York: Bartam Bools.

Chaplin, J.P (2001). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Grafindo

Cahyani S. D & Mudaim. (2017). Hubunngan harga diri (Self Esteem) dengan prilaku asertif peserta didik SMK Negeri 3 Metro Tahun Pelajaran 206/2017. Lampung : Semnasdik

Creswell, John., W. (2016). Research Design : Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2009). Psikologi Sosial. Malang: UMM Press.

Dewi, Karlina. (2017). Pengaruh Layanan Bimbigan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Terhadap Prilaku asertif. Indonesia Journal Guidance and Counseling : Theory and Application, 6(3), 8-14

Feist, J., & Feist, J. G. (2013). Theories of Personality : Terj. Handriatno. Jakarta: Salemba Humanika.

Gill, K., Kaur & Maheshwari, S.K. (2015). Relationship Assertiveness Self Esteem among Nurses. International Journal Health Sciences & Research, 5(6), 440-449

Heppner, P., Paul. Kivlighan, Denis, M. Wampold, Brunce, E. (2008). Research Design in Counseling. America : Thomson, Books/Cole

Hidayati N.W. (2016). Hubungan Harga Diri Dan Konformitas Teman sebaya Dengan Kenakalan Remaja. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI), 1(2), 31-36

Indrawati, E.S & Afanjaya, M.A. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Prilaku Asertif Pada Mahasiswa Organisatoris Fakultas Hukum Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 529-532

Kusmintardjo, Putri R.D, Arifin I. (2016). Manajemen Transportasi Sekolah Pada SD Plus Al-Kautsar Di Kota Malang. Journal 1(1) 1-20

Lubis, Aisyah., Elita, Yessy., Afriyati, Vira. (2017). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Meningkatkan Regulasi Emosi Pada Siswa SMA di Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah BK, 1(1), 1-9

Mantiri, V. V. (2014). Perilaku menyimpang di kalangan remaja di Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal, 3(1), 1-13

Miasari, Asri. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Positif Dalam Keluarga Dengan Asertivitas Pada siswa SMP 2 Depok Yogyakarta. Jurnal EMPHATY 1(1), 32-46

Muslikah & Astuti D.W. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Perilaku Asertif Siswa Kelas XI. Jurnal bimbingan konseling, 5(2), 168-182

Mruk C.J.(2013). Self-Esteem and Positive Psychology : Researc, Theory, and Practice. New York : Springer Publishing Company

Qonita, R & Dahlia.(2019). Hubungan Penerimaan Diri Dengan Harga Diri Pada Pengemis Di Kota Banda Aceh. Jurnal Psikologi Unsyiah 2(1) 33-49

Rathus, S. A. (2009) Princeples And Practice Of Assertive Training : An Eclectic Overview. The Counseling Psychologist. 5(4)

Srisayekti, Wilis., Setiady A.S. (2015). Harga Diri Terancam dan Perilaku Menghindar. Jurnal Psikologi, 42(2), 141-156

Santrock. J. W. (2011). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi ketigabelas) Jilid 2. Jakarta: Erlangga

Santrock. J. W. (2007). Adolescence. Remaja. (Edisi Terjemahan Oleh Shinto B. Adelar; Sherly Saragih). Jakarta : Erlangga.

Saputri, D.N & Wiryosutomo. (2018). Efektifitas Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama untuk Meningkatkan Harga diri. Jurnal BK UNESA, 8(2), 364-372

Suhron, M. (2016). Asuhan Keperawatan : Konsep Diri : Self Esteem. Bangkalan : UMPO Press

Sukma, D. (2018). Concept And Application Group Guidance and Group Counseling Base on Prayitno,s Paradigms. Journal Konselor, 7(2), 49-54

Shimizu, T., Kubota, S., Mishima, N., Nagata, S. (2004). Relationship Between Self Esteem and Assertiveness Training Among Japanese Hospital Nurses. Journal Of Occupational Health, 46(1), 296-298

Sriyanto, dkk. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi. 41 (1) : 74-88.

Sinaga, Yohanna Viscanesia. (2016). Hubungan Antara Perilaku Asertif Dan Perilaku Cyberbullying Di Jejaring Social Pada Remaja. Fakultas Psikologi: Universias Sanata Dharma

Siregar, Masyoyani. (2017). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Perilaku Konsutif Terhadap Smartphone Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 10(2), 174-181

Sugiyo & Endah, Yekti. (2016). Kinerja Guru Bimbingan dan Konseling : Studi Kasus Di SMAN 1 Kota Semarang. Journal Bimbingan Konseling 5(1), 37-46

Trisakti, & Astuti, K. (2014). Hubungan Antara Harga Diri Dan Persepsi Pola Asuh Orang Tua Yang Authoritatif Dengan Sikap Remaja Terhadap Penyalahgunaan Narkoba. Jurnal Ilmiah Guru, No. 02/Tahun XVIII/November, 24-31.

Taum Yoseph Y. (2016). Kegelisahan Eksistensial Joko Pinurbo : Sebuah Tanggapan Pembaca. Jentera, 5(2), 23-41

Wulandari R, Dwikurniasih, Loekmono L. (2018). Hubungan Antara Harga Diri Dengan Prilaku Perundungan Siswa Kelas VIII SMPN 2 Tengaran. Jurnal Psikologi Konseling. 13 (2) 249-260

Yasdiananda, E.w. (2013). Hubungan antara self esteem dengan asertivitas pada siswa kelas X SMAN 5 merangin. Jurnal RAP. 1(1) 102-112.

Downloads

Published

2021-10-13

How to Cite

Aryanto, W., Arumsari, C., & Sulistiana, D. (2021). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN PERILAKU ASERTIF PADA REMAJA. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 5(3), 95–105. https://doi.org/10.22460/q.v5i3p95-105.2815