Application of Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) Group Counseling Model using Cognitive Dispute Technique to reduce Online Game addiction among Junior High School Students
Penerapan Model Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Theraphy (REBT) dengan Teknik Cognitive Dispute untuk Mengurangi Kecanduan Game Online pada Siswa Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v8i3.4933Keywords:
Rational Emotive Behavior Theraphy, Group Counseling Model, Cognitive Dispute Technique, Online Game addictionAbstract
English: The purpose of this study was to determine the effectiveness of the application of group counseling models with REBT methods of Cognitive Dispute techniques to reduce students' online game addiction behavior. The research approach used pre-experiment (Pre-test Post-test Design). This research was conducted at Satya Wacana Salatiga Christian Junior High School in the even semester of the 2023/2024 academic year. The research sample amounted to 6 students who had a problem, namely online game addiction. Data collection was carried out from the results of the pre-test and post-test in the form of questioners. Data analysis using non-parametric statistical testing. The results showed that this intervention was effective in reducing the level of online game addiction. Before the intervention, the majority of students were in the high or very high addiction category, but after counseling, the majority of students switched to the low and very low categories Indonesia: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas Penerapan model konseling kelompok dengan metode REBT teknik Dispute Kognitif untuk mengurangi perilaku kecanduan game online peserta didik. Pendekatan penelitian menggunakan pre-eksperimen (Pre-test Post-test Design). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Kristen Satya Wacana Salatiga pada semester genap tahun Pelajaran 2023/2024. Sample penelitian berjumlah 6 peserta didik yang memiliki permasalahan yaitu kecanduan game online. Pengumpulan data yang dilakukan dari hasil pre-test dan post-test berupa questioner. Analisis data menggunakan pengujian statistik non parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intervensi ini efektif dalam menurunkan tingkat kecanduan game online. Sebelum intervensi, mayoritas siswa berada dalam kategori kecanduan tinggi atau sangat tinggi, namun setelah diberikan konseling, mayoritas siswa beralih ke kategori rendah dan sangat rendah.References
Christanty, E. R. (2017). Dampak Model Konseling Rational Emotive Behavioral Therapy (Rebt) Pada Kasus Kesulitan Mengontrol Diri Dua Remaja Puteri Panti Asuhan Dorkas Jakarta Pusat. Psiko Edukasi, 15(2), 88-104.
Dharma, I. D. A. E. P., Karpika, I. P., Sapta, I. K., Suhardhita, K., & Aman, V. (2020). Pendekatan konseling rational emotive behavioral therapy (REBT) dengan teknik dispute kognitif untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa kelas VII. F SMP Negeri 12 Denpasar. Indonesian Journal of Educational Development (IJED), 1(3), 429-436.
Firdaus, S. D. W. (2024). Efektivitas Konseling Individu Dengan Teknik Dispute Kognitif Untuk Mengurangi Kecemasan Pada Korban Bullying Di Smp Plus Al Fatimah (Doctoral dissertation, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri).
Fitrajaya, R. R., Utomo, I. P., & Handayani, L. (2022). Dampak Kesehatan Akibat Kecanduan Game Online Pada Remaja. Jurnal Cakrawala Promkes, 4(2), 102-113.
Hakim, F. A., Netrawati, N., & Karneli, Y. (2024). Pentingnya Konseling Rational Emotive Behavior Dengan Teknik Dispute Kognitif Untuk Mengatasi Kecemasan Pada Remaja. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 5075-5084.
Hapiyansyah, M. (2023). Dampak Negatif Permainan Game Online Terhadap Remaja. Prosiding Sains dan Teknologi, 2(1), 103-108.
Ikhsanudin, D. (2024). Hubungan Antara Kecanduan Game Online Dengan Perilaku Agresiv Siswa Kelas XI TKJ Smk negeri 2 Salatiga (Doctoral dissertation).
Kristiani, L. N., Saman, A., & Jaya, P. (2022). Efektifitas pendekatan rational emotive behavioural therapy mengatasi kecemasan sosial dengan teknik dispute kognitif di smk gamaliel 1 madiun jawa timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 330-336.
Murpratiwi, R. E. (2016). Pengaruh Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy Dengan Teknik Dispute Kognitif Untuk Menurunkan Keyakinan Irasional Korban Kekerasan Dalam Pacaran (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA).
Mustikasari, A., Wahyuni, E., & Komalasari, G. (2014). Pengaruh Rational-Emotive Behavioral Therapy Terhadap Peningkatan Strategi Coping Mengatasi Kecemasan Menghadapi Perkuliahan. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 14-19.
Nisa, A. Z., Sudibyo, H., & Mubarok, H. (2024, July). Konseling Individu Rational Emotive Behavior Therapy (Rebt) Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (PPG) (Vol. 2, No. 1, pp. 1-5).
Noviyanti, T., Suranata, K., & Dharsana, I. K. (2023). Pengembangan panduan konseling CBT teknik kognitif dispute serta modeling untuk meningkatkan self-efficacy kesehatan reproduksi siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 22-29.
Prakoso, Y. Y., Arifah, S., & Rizal, A. (2023). Keefektifan Konseling Kelompok Rasional Emotive Behavior untuk Meningkatkan Self-Confidence Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Thalaba Pendidikan Indonesia, 6(1), 37-45.
Purwaningsih, A. (2023). Pengaruh teknik dispute kognitif untuk mereduksi adiksi smartphone (doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).
Rusdayanti, I. G. A. D., Suarni, N. K., Dharsana, I. K., Dantes, N., & Dharmayanti, P. A. (2024). Pengembangan panduan konseling rational emotive behavioral teknik dispute cognitive untuk meningkatkan konsep diri dan resiliensi terhadap kemandirian pada siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 114-124.
Sadif, R. S., & Rasmi, R. (2023). Dampak Kecanduan Game Online pada Remaja. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(1), 6122-6128.
Sinta, N., Bahri, S., & Bustamam, N. (2018). Aplikasi Rational Emotive Therapy Menggunakan Teknik Dispute Kognitif Dalam Menurunkan Perilaku Bulli Pada Siswa di Sekolah.(Suatu Penelitian Pra-Eksperimen di SMPN 8 Kota Banda Aceh). JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(3).
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821
Yunita, E., & Karneli, Y. (2022). Efektifitas Teknik Dispute Cognitive Untuk Mengurangi Perilaku Nonsuicidal Self-Injury (Studi Kasus Pada Mahasiswi Trauma). Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(2), 45-53.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mohammad Alvin Evriantara, Tritjahjo Danny Soesilo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The author is responsible for acquiring the permission(s) to reproduce any copyrighted figures, tables, data, or text that are being used in the submitted paper. Authors should note that text quotations of more than 250 words from a published or copyrighted work will require a grant of permission from the original publisher to reprint. The written permission letter(s) must be submitted together with the manuscript.