Pemanfaatan Aplikasi Screen Recorder dan YouTube dalam Perkuliahan Daring
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v5i1p30-35.2173Keywords:
Kata Kunci, Screen Recorder, Youtube, DaringAbstract
Pandemi Covid menuntut para pendidik untuk lebih kreatif dalam mengemas materi. Berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan perkuliahan daring di awal masa pandemi dosen lebih sering mengadakan perkuliahan melalui Whatsapp Group, Google meet, maupun zoom. Akan tetapi mahasiswa kurang bisa memahami materi dengan maksimal karena terkendala sinyal, virtual meeting yang dilaksanakan selama berjam-jam juga memberikan dampak kelelahan fisik. Oleh karena itu peneliti mencoba menyajikan materi perkuliahan dalam kemasan yang berbeda dengan memanfaatkan aplikasi perekam layar dan youtube pada mata kuliah aplikasi pemahaman Individu Non Tes dan Statistika. Metoe logi dalam penelitian ini adalah naratif, dimana peneliti menceritakan mengenai pengalamannya selama memanfaatkan aplikasi perekam layar (screen recorder) dan Youtube dalam proses perkuliahan selama satu semester. Pemanfaatan aplikasi perekam layar dan Youtube memberikan dampak yang baik pada proses perkuliahan. Mahasiswa lebih mudah dan leluasa dalam mengakses materi. Kelemahan dari pengunaan aplikasi Screen Recorder dari Screencast-O-Matic (SR-SOM) versi gratis ini adalah fiturnya yang terbatas sehingga kita tidak bisa menambahkan animasi-animasi lain. Dosen maupun guru perlu menemukan dan mengkreasikan metode pembelajaran yang lain untuk membuat proses belajar tetap bermakna dan menyenangkan.
Â
Â
References
Creswell, W. J. (2012). Educational research: planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (fourth edition). New Jersey: Pearson Prentice Hall
Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Media Ajar dalam Meningkatkan Minat dam Motivasi Belajar. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian Vol. 5; No. 1; Tahun 2019 Halaman 135-159
Nurfitri, K. (2019). Peningkatan Kompetensi Web Design Peserta Didik Menggunakan Metode “Rekam Layar†Di LKP Elite English School. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI) Volume 3 Nomor 2 September 2019, pp. 401-410
Suhery, T.J.P, dkk. 2020. Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Pendidikan. 1 (3)
Waryanto, N.H. (2006). Online learning sebagai salah satu inovasi pembelajaran. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Matematika, Vol. 2, No.1, Desember 2006: 10-23
Zhafira, N. H., Ertika, Y., & Chairiyaton, C. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, Volume 4 Nomor 1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 QUANTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.