STRATEGI BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VII SMPN 10 KOTA SERANG

Vela Febrianti
Sholih Sholih
Ibrahim Al Hakim

Abstract


Penelitian dilatar belakangi oleh adanya permasalahan kepercayaan diri yang terjadi pada siswa. Tujuan penelitian adalah untuk melihat tingkat kepercayaan diri siswa, kemudian membuat kerangka kerja konseling karier untuk mengembangkan kepercayaan diri siswa khususnya pada siswa kelas VII di SMPN 10 Kota Serang.  Penelitian mengenai kepercayaan diri dilakukan dengan melihat dari lima aspek yaitu keyakinan akan kemampuan diri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional dan realistis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menyebar instrumen penelitian berupa angket. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan tingkat kepercayaan diri siswa yang merupakan siswa kelas VII di SMPN 10 Kota Serang berada pada kategori sedang dengan presentase 64% yaitu sekitar 119 siswa dari sampel 185 siswa. Terdapat siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah dengan presentase 3% yaitu sekitar 5 siswa dari jumlah sampel 185 siswa. Setelah terdapat 119 siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang, maka dibuat strategi bimbingan kelompok untuk mengembangkan kepercayaan diri. 


Keywords


Kata Kunci : Kepercayaan diri, Strategi Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Hendriana. (2014). Membangun Kepercayaan Diri Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Humanis.jpmipa. Vol. 19 No 1 hal 57

Mufarohah. (2013). Hubungan Antara Percaya Diri Deangan Prilaku Mencontek Pada Siswa XI Di Madrasah Aliyah Salafiyah Bangli Pasuruan. Skripsi pada program studi psikologi UIN Maulana Malik Ibrahim: tidak di terbitkan

Paplaia. (2008). Human Development (Psikologi Perkembangan). Jakarta:Kencana

Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. METODE PENELITIAN, Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA

Yusuf, S. (2009). Program bimbingan & konseling di sekolah. Rizqi Press: Bandung.




DOI: https://doi.org/10.22460/q.v5i1p9-13.2170

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.