PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v5i2p56-60.2438Keywords:
konseling kelompok, modeling, self - controlAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh persoalan self-control yang ditemukan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan penelitian adalah menguji pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik modeling dalam meningkatkan self-control siswa. Â Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen, dengan sampel berjumlah 10 siswa kelas XI AKL 1. Data penelitian diperoleh melalui angket self-control, dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon sign rank. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik modeling berpengaruh terhadap peningkatan self-control siswaReferences
Arumsari, C. (2016). Konseling individual dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan kemampuan kontrol diri. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).
Auliya, M. (2014). Hubungan kontrol diri dengan perilaku agresi pada siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3).
Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Gunarsa, S. D. (2009). Dari anak sampai usia lanjut: Bunga rampai psikologi perkembangan. BPK Gunung Mulia.
Hutomono, S. (2011). Observasional Learning : Metode Psikologis Yang Dillupakan Dalam Psiologis Olahraga . Jurnal Ilmiah Spirit, 11(2).
Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Permata Puri Media.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Masa Hidup: Edisi Kelima (Terjemahan Juda Damanik & Achmad Chusairi) (Kelima). UI Press.
Downloads
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.