PENGARUH LAYANAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN SELF CONTROL SISWA KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH 2 PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v5i2p56-60.2438Keywords:
konseling kelompok, modeling, self - controlAbstract
Penelitian dilatarbelakangi oleh persoalan self-control yang ditemukan pada siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 2 Palembang. Tujuan penelitian adalah menguji pengaruh layanan konseling kelompok menggunakan teknik modeling dalam meningkatkan self-control siswa. Â Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen, dengan sampel berjumlah 10 siswa kelas XI AKL 1. Data penelitian diperoleh melalui angket self-control, dan dianalisis menggunakan uji wilcoxon sign rank. Hasil penelitian menunjukkan layanan konseling kelompok menggunakan teknik modeling berpengaruh terhadap peningkatan self-control siswaReferences
Arumsari, C. (2016). Konseling individual dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan kemampuan kontrol diri. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).
Auliya, M. (2014). Hubungan kontrol diri dengan perilaku agresi pada siswa SMA Negeri 1 Padangan Bojonegoro. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 2(3).
Damayanti, R., & Aeni, T. (2016). Efektivitas konseling behavioral dengan teknik modeling untuk mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas VIII b smp negeri 07 bandar lampung. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Gunarsa, S. D. (2009). Dari anak sampai usia lanjut: Bunga rampai psikologi perkembangan. BPK Gunung Mulia.
Hutomono, S. (2011). Observasional Learning : Metode Psikologis Yang Dillupakan Dalam Psiologis Olahraga . Jurnal Ilmiah Spirit, 11(2).
Komalasari, G. (2011). Teori dan Teknik Konseling. Permata Puri Media.
Santrock, J. W. (2011). Perkembangan Masa Hidup: Edisi Kelima (Terjemahan Juda Damanik & Achmad Chusairi) (Kelima). UI Press.