Efektivitas Konseling Kelompok Behavior Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Semarang

Authors

  • Mila Khurotul Aini Universitas Negeri Semarang-UNNES

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v6i3.3314

Keywords:

Kecerdasan Sosial, Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Teknik Modeling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok pendekatan behavior dengan teknik modeling guna meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Desain eksperimen one group pretest-posttest digunakan dalam penelitian ini dengan melibatkan lima siswa sebagai partisipan. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling. Alat pengumpul data yang digunakan adalah skala kecerdasan sosial merujuk pada teori Daniel Goleman sebanyak 8 indikator dan 44 item. Koefisien validitas yakni 0.220, dan reliabilitas menggunakan α Cronbach dengan koefisien reliabilitas 0.919. Analisis uji Wilcoxon digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerata tingkat kecerdasan sosial sebelum perlakuan menunjukkan kategori sedang (M=2.47, SD=0,58). Selanjutnya uji hipotesis menunjukkan bahwa konseling kelompok behavior teknik modeling terbukti secara signifikan (Z= -5.315, p˂0.05) untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa. Selanjutnya, konselor sekolah/Guru BK dapat menerapkan serta mengembangkan layanan konseling kelompok behavior teknik modeling sebagai salah satu alternatif strategi dalam meningkatkan kecerdasan sosial siswa.

Author Biography

Mila Khurotul Aini, Universitas Negeri Semarang-UNNES

Fakultas Ilmu Pendidikan, Mahasiswa

References

Afrianti, N. (2015). Profil kecerdasan sosial siswa SMA di kota Bandung sebagai studi awal penyelenggaraan layanan bimbingan konseling. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 151(01), 10–17. https://doi.org/10.1145/3132847.3132886

Amseke, F. V., & Panis, M. P. (2020). Peran Perkembangan Moral Terhadap Perilaku Prososial Remaja. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 2(2), 103–115. https://doi.org/10.36269/psyche.v2i2.210

Ardila, Y., Sutoyo, A., & Mulawarman. (2019). Keefektifan kelompok psikoedukasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 34–49.

Asiah, & Iskandar, O. P. (2017). Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Teknik Modelling terhadap Empati pada Teman Sebaya Siswa Kelas XI IPA 1 MAN 2 Model Medan T.A 2016/2017. Jurnal Psikologi Konseling, 11(2), 40–47.

Baggiyam, N. D., & Pankajam, R. (2017). Social Intelligence in Relation to Academic Achievement. International Journal of Research - GRANTHAALAYAH, 5, 18–22.

Gardner, H. (2003). Kecerdasan Majemuk. Terjemahan Drs.Alexander Sindoro dan Dr. Lyndon Saputra. Batam: Penerbit Interaksa.

Goleman, D., & Hariono, I. (2007). Social Intelligence: Ilmu Baru Tentang Hubungan Antar Manusia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heiriyah, A., & Hayati, S. A. (2020). Upaya Meningkatkan Kepekaan Sosial Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Modeling pada MTs Al- Ikhwan Banjarmasin. Bulletiin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 39–48. https://journal.kurasinstitute.com/index.php/bocp

Mandala, A. S. J., Dantes, N., & Setuti, N. M. (2013). Penerapan Konseling Behavioral dengan teknik modeling untuk meningkatkan Emotional Intelligence siswa pada kelas XAP1 SMK Negeri 1 Seririt Kabupaten Buleleng. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 1–20. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIBK/article/view/910/780

Manullang, R. A. (2015). Pengaruh kecerdasan sosial terhadap prestasi belajar siswa di SMK Negeri 2 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 15(3), 19–22.

Pace, C., Pettit, S., & Barker, K. (2020). Best Practices in Middle Level Quaranteaching: Strategies, Tips and Resources Amidst COVID-19. Becoming: Journal of the Georgia Middle School Association, 31(1), 1–13https://doi.org/10.20429/becoming.2020.310102

Piotrowski, J.T., & Valkenburg, P.M. (2017). Plugged In: How Media Attract and Affect Youth.

Rahim, M., Usman, I., & Puluhulawa, M. (2017). Kecerdasan Sosial dan Prestasi Belajar Siswa (Tinjauan dari Perspektif Bimbingan dan Konseling Belajar ). Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI, 4–6.

Robbiyah, Ekasari, D., & Witarsa, R. (2018). Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 74–84. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i1.10

Safaria, T. (2005). Interpersonal Intelligence: Metode Pengembangan Kecerdasan Interpersonal Anak. Yogyakarta: Amara Books.

Simehate, A., Rahmawati, & Azman, Z. (2022). Interaksi Sosial Mahasiawa Bercadar Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP USK, 7(1).

Soejanto, L. T., & Soekarman, F. I. (2015). Tingkat Kecerdasan Sosial Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kanjuruhan Malang. Jurnal Konseling Indonesia, 1(1), 14–22.

Sukardi, T., Saputra, R., & Anggraini, R. (2020). Kecerdasan sosial siswa dan implikasinnya dalam dunia Bimbingan Konseling. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 57–65.

Sukardi, T., Yusuf, S., & Rusmana, N. (2019). Improving students social intelligence by using behavioral rehearsal techniques education. International Conference on Education “Inovasi Dalam Pendidikan Islam: Tantangan Dan Kesiapan Dalam Masyarakat 5.0,†261–266.

Wibowo, M. E. (2005). Konseling Kelompok Perkembangan. UNNES Press.

Wulandari, Jaenudin, R., & AR, R. (2016). Analisis Kecerdasan Interpersonal peserta didik pada pembelajaran ekonomi di kelas X SMA Negeri 2 Tanjung Raja. Jurnal Profit, 3(2), 183–193.

Zuhara, E. (2020). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan interaksi sosial siswa. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 41–57.

Downloads

Published

2022-09-22

How to Cite

Aini, M. K. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Behavior Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Semarang. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 6(3), 66–73. https://doi.org/10.22460/quanta.v6i3.3314