Profil Kesadaran Karier SIswa SD
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesadaran karier pada siswa Sekolah Dasar kelas 4,5, dan 6. Kesadaran karier (career awareness) merupakan kematangan karier yang perlu dicapai oleh individu dan perlu diberikan pada awal tahun individu di sekolah, yaitu pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survey. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik slovin. pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 189 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pada kelas IV, V, dan VI berada pada kategori tinggi. hasil ini menunjukkan bahwa para siswa di kelas atas telah memiliki kesadaran karier.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fadale, LaVerna M.(1977). Career Awareness Inventory. Student Booklet. State Univ. of New York, Ithaca. Cornell Inst. for Research and Development in Occupational Education.
Hohenshil, T.H.(1973). New Dimensions in Career Education: Annual Conference on Career Education and Career Counseling (2nd, Blacksburg, Va., May 11-12, 1973). Proceedings. Virginia Polytechnic Inst. and State Univ., Blacksburg. Div. of Vocational-Technical Education.; Virginia State Dept. of Education, Richmond. Div. of Vocational Education.
Keumala, E., Nurihsan J., & Budiamin A. (2018). The Development of Career Learning Program with Modeling Techniques to Improve Student Career Awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 53-61. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.270
Muro, J. J., & Kottman, T. (1995). Guidance and counseling in the elementary and middle schools: A practical approach. Brown & Benchmark Madison, WI
Sharf,R. (1992.) Applying Career Development Theory to Counseling. California: Brooks/ Cole Publishing Company.
Suherman, U. (2013). Bimbingan dan Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjan UPI: Bandung
Unicef. (2020). Indonesia Laporan Tahunan 2020. Jakarta, UNICEF Indonesia.
Watson, M., & McMahon, M. (2005). Children’s career development: A research review from a learning perspective. Journal of Vocational Behavior, 67(2), 119–1
DOI: https://doi.org/10.22460/q.v7i1p%25p.3697
Article Metrics
Abstract view : 46 timesPDF - 47 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.