Profil Kesadaran Karier SIswa SD

Authors

  • Rima Irmayanti IKIP Siliwangi

DOI:

https://doi.org/10.22460/quanta.v7i1.3697

Keywords:

Kesadaran Karier, Siswa Sekolah Dasar

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kesadaran karier pada siswa Sekolah Dasar kelas 4,5, dan 6. Kesadaran karier (career awareness) merupakan kematangan karier yang perlu dicapai oleh individu dan perlu diberikan pada awal tahun individu di sekolah, yaitu pada tingkat pendidikan dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif dengan metode survey. Jumlah sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik slovin. Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan cara random sampling.. pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 189 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa pada kelas IV, V, dan VI berada pada kategori tinggi. hasil ini menunjukkan bahwa para siswa di kelas atas telah memiliki kesadaran karier.

References

Anisa, S., Sugiyo, S., & Anni, C. T. (2016). Pengembangan Model Bimbingan Karir Terintegrasi dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Kesadaran Karir Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(2), 107-112.

Fadale, LaVerna M.(1977). Career Awareness Inventory. Student Booklet. State Univ. of New York, Ithaca. Cornell Inst. for Research and Development in Occupational Education.

Hendra, S. (2023). Profil Orientasi Karir siswa SD Terhadap cita-cita di era digital native. Jurnal Spirits, 13(2), 43-52.

Hohenshil, T.H.(1973). New Dimensions in Career Education: Annual Conference on Career Education and Career Counseling (2nd, Blacksburg, Va., May 11-12, 1973). Proceedings. Virginia Polytechnic Inst. and State Univ., Blacksburg. Div. of Vocational-Technical Education.; Virginia State Dept. of Education, Richmond. Div. of Vocational Education.

Irmayanti, R. (2018). Genogram untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMP. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 2(02), 84-89.

Keumala, E., Nurihsan J., & Budiamin A. (2018). The Development of Career Learning Program with Modeling Techniques to Improve Student Career Awareness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 1(2), 53-61. https://doi.org/10.25217/igcj.v1i2.270

Khairun, D. Y., & Sulastri, M. S. (2016). Layanan bimbingan karir dalam peningkatan kematangan eksplorasi karir siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Lutfianah, L. Pengembangan Media Permainan Jenga Pekerjaan untuk Pemerian Layanan Informasi Karier Bagi Siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Mufidah, E. F., Wirastania, A., & Pravesti, C. A. (2021). Studi Kasus: Permasalahan Yang Sering Ditangani Guru Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dasar Dan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 7-12.

Muro, J. J., & Kottman, T. (1995). Guidance and counseling in the elementary and middle schools: A practical approach. Brown & Benchmark Madison, WI

Randi, P. O., Suhaili, N., Marjohan, M., Ifdil, I., & Afdal, A. (2022). Urgensi kesadaran karier sejak dini (sekolah dasar).

Ristian, T., Rahmadani, N., & Hidayat, D. R. (2020). Studi Literature: Pendekatan Teori Trait and Factor Dalam Pengambilan Keputusan Karir Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1).

Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi Bimbingan Karir Di Sekolah Dasar. Abdimas Siliwangi, 3(1), 109-205.

Sharf,R. (1992.) Applying Career Development Theory to Counseling. California: Brooks/ Cole Publishing Company.

Suherman, U. (2013). Bimbingan dan Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Sekolah Pascasarjan UPI: Bandung

Unicef. (2020). Indonesia Laporan Tahunan 2020. Jakarta, UNICEF Indonesia.

Watson, M., & McMahon, M. (2005). Children’s career development: A research review from a learning perspective. Journal of Vocational Behavior, 67(2), 119–1

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Irmayanti, R. (2023). Profil Kesadaran Karier SIswa SD. Quanta : Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 7(1), 21–28. https://doi.org/10.22460/quanta.v7i1.3697