HUBUNGAN DUKUNGAN ORANG TUA DENGAN RESILIENSI AKADEMIK PADA REMAJA SMP NEGERI DI KECAMATAN NGRAMBE
DOI:
https://doi.org/10.22460/quanta.v6i2.3040Keywords:
Dukungan Orang Tua, Resiliensi Akademik, RemajaAbstract
Abstrak
 Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena pemberlakuan pembelajaran daring yang dilaksanakan saat pandemi Covid-19 pada sejumlah peserta didik. Akibatnya, peserta didik harus melaksanakan aktivitas belajar di rumah yang kurang memiliki dukungan dari orang tua atau kurang dalam ketahanan bidang akademik menjadi mudah bosan, jenuh, bahkan stress karena menghadapi situasi yang sulit. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara dukungan orang tua dengan resiliensi akademik pada remaja di SMP Negeri Kecamatan Ngrambe. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif korelasional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dan proportional random sampling dengan sampel penelitian 275 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dengan 35 butir untuk variabel dukungan orang tua dan 36 butir untuk variabel resiliensi akademik. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji spearman rank. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa tingkat dukungan orang tua maupun resiliensi akademik berada pada kategori sedang dengan persentase 42%. Terdapat hubungan positif yang signifikan, dengan derajat korelasi yang kuat antara dukungan orang tua dengan resiliensi akademik remaja SMP Negeri di Kecamatan Ngrambe yakni sebesar 0,721 dengan signifikansi 0,000 (<0,005). Artinya, semakin tinggi dukungan orang tua terhadap siswa, maka semakin tinggi pula resiliensi akademiknya, dan sebaliknya semakin rendah dukungan orang tua terhadap siswa, maka semakin rendah pula resiliensi akademiknya.
Keywords: Dukungan Orang Tua, Resiliensi Akademik, RemajaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 QUANTA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.