PENERAPAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE PESERTA DIDIK MTs
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v3i1p20-26.1561Keywords:
Kata Kunci, Kepercayaan Diri, , Teknik Assertive TrainingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknik assertive training untuk meningkatkan self confidence pada peserta didik kelas VII di MTs Ma’arif Cibeureum – Sumedang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan jenis penelitian pretest-posttest control group design. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 62 orang sementara sampel diambil berdasarkan teknik purposive sampling. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel tersebut maka diperoleh hasil kelompok VII A sebagai kelompok eksperimen dengan kategori self confidence rendah sebanyak enam orang dan kelompok VII B sebagai kelompok kontrol dengan kategori self confidence rendah sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket sikap self confidence. Setelah diberikan perlakuan maka diperoleh hasil post-test yang kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 23. Hasil rata-rata skor pre-test kelas eksperimen mengalami peningkatan dari 118 menjadi 143,3 pada saat post-test. Sementara kelas kontrol juga mengalami kenaikan dari semula 113 menjadi 117,1. Dengan melihat Sig. (2-tailed) kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05 maka Ha diterima, artinya teknik assertive training dapat meningkatkan self confidence pada peserta didik kelas VII MTs Ma’arif Cibeureum.
Â
Â
References
Alsa, A. (2006). Hubungan Antara Dukungan Sosial Orang Tua Dengan Kepercayaan Diri Remaja Penyandang Cacat Fisik. Jurnal Psikologi. No.1. 47-48. Semarang.
APJII. (2017). Perilaku Pengguna Internet Indonesia 2017. Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia.
Azizan, H. (2016). Pengaruh Kepercayaan Diri Terhadap Ketergantungan Media Sosial Pada Siswa di SMK Negeri 1 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(6).
Corey, G. (2013). Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. (Terjemahan E. Koswara), Bandung : Rafika Aditama Press.
Cresswell, J. W. (2017). Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed) Edisi Ketiga. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Darajat, Z. (1995). Kesehatan Mental. Jakarta: CV Haji Masagung.
Day, X S. (2008). Theory and Design in Counseling and Psychotherapy. New York: Lahaska Press.
Ghufron dan Risnawati. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media Group.
Gunarsa, S. D. (2007). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Hakim, T. (2002). Mengatasi Rasa Tidak Percaya Diri. Jakarta: Puspa Swara.
Hurlock. (1999). Psikologi Perkembangan : Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima (Terjemahan oleh Istiwidayanti). Jakarta: Erlangga.
Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri. Indigenus: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2).
Nursalim. (2013). Strategi dan Intervensi Konseling. Jakarta: Akademi Permata.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Yuliani, W. (2016) Pengaruh Strategi Active Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Laboratorium UPI Cibiru. S2 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.
Yuliani, W. (2019). Pengaruh metode kooperatif learning tipe jigsaw terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas VI SDN Tunas Bakti Subang tahun pelajaran 2018/2019. Quanta, 3(2), 23-28.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Quanta: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors who publish with the Quanta Journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.