GAMBARAN PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.22460/q.v2i3p121-129.1631Keywords:
Perilaku mencontek, Siswa SDAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran perilaku mencontek pada siswa SD. Menurut Yudiana (2006), perilaku mencontek dapat dilakukan dalam bentuk mewakili seseorang dalam menghadiri ujian (joki), menyalin atau memberikan informasi jawaban soal pada saat ujian berlangsung, menggunakan alat-alat bantu (misal buku, kertas dan catatan) yang tidak diperbolehkan pada saat ujian, melihat soal-soal ujian sebelum ujian tes dilakukan dan melakukan kerja sama dengan sesama peserta didik dalam ujian. Metode yang digunakan yaitu melalui pendekatan kuantitatif dan dideskripsikan melalui pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum tingkat intesitas siswa kelas V SD berada pada kategori sedang.ÂReferences
Anderman, E. & Murdock. (2007). Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier.
Bjorklund, M., & Cwenestam (1999). Academic Cheating: Frequency, Methods, and Causes. Finland : Department of Teacher Education.
Bopp, et al. (2002). “Reducing Incidents of Cheating in Adolescenneâ€, dalam Academic Dishonesty Among Students: Consequences and Interventions. Maryland : ERIC
Garavalia, L., Olson, E., Russell, E., & Christensen, L. (2007). “How do Students Cheat?â€, dalam Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier
Hurlock, E.B. (1996). Psikologi Perkembangan. A.b. Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.
Kartadinata, S. (2002). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung : CV. Maulana.
Nababan, S.J. (2006). Hubungan antara Slef Efficacy dan Frrekuensi Mencontek Saat Ujian Pada Mahasiswa. Skripsi pada Fakultas Psikologi UNPAD Bandung: Tidak diterbitkan
Yudiana, W (2006). Hubungan Antara Frekuensi Mencontek dengan Motif untuk Berhasil dan Motif untuk Menghindari Kegagalan pada Mahasiswa yang Mengikuti Ujian. Skripsi Unpad. Bandung : Tidak diterbitkan.