GAMBARAN PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Authors

  • Pathah Pajar Mubarok SMP Negeri 15 Bandung

DOI:

https://doi.org/10.22460/q.v2i3p121-129.1631

Keywords:

Perilaku mencontek, Siswa SD

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap gambaran perilaku mencontek pada siswa SD.  Menurut Yudiana (2006), perilaku mencontek dapat dilakukan dalam bentuk mewakili seseorang dalam menghadiri ujian (joki), menyalin atau memberikan informasi jawaban soal pada saat ujian berlangsung, menggunakan alat-alat bantu (misal buku, kertas dan catatan) yang tidak diperbolehkan pada saat ujian, melihat soal-soal ujian sebelum ujian tes dilakukan dan melakukan kerja sama dengan sesama peserta didik dalam ujian.  Metode yang digunakan yaitu melalui pendekatan kuantitatif dan dideskripsikan melalui pendekatan kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara umum tingkat intesitas siswa kelas V SD berada pada kategori sedang. 

References

Anderman, E. & Murdock. (2007). Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier.

Bjorklund, M., & Cwenestam (1999). Academic Cheating: Frequency, Methods, and Causes. Finland : Department of Teacher Education.

Bopp, et al. (2002). “Reducing Incidents of Cheating in Adolescenneâ€, dalam Academic Dishonesty Among Students: Consequences and Interventions. Maryland : ERIC

Garavalia, L., Olson, E., Russell, E., & Christensen, L. (2007). “How do Students Cheat?â€, dalam Psychology of Academic Cheating. Boston : Elsevier

Hurlock, E.B. (1996). Psikologi Perkembangan. A.b. Istiwidayanti dan Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Kartadinata, S. (2002). Bimbingan di Sekolah Dasar. Bandung : CV. Maulana.

Nababan, S.J. (2006). Hubungan antara Slef Efficacy dan Frrekuensi Mencontek Saat Ujian Pada Mahasiswa. Skripsi pada Fakultas Psikologi UNPAD Bandung: Tidak diterbitkan

Yudiana, W (2006). Hubungan Antara Frekuensi Mencontek dengan Motif untuk Berhasil dan Motif untuk Menghindari Kegagalan pada Mahasiswa yang Mengikuti Ujian. Skripsi Unpad. Bandung : Tidak diterbitkan.

Published

2018-09-01

How to Cite

Mubarok, P. P. (2018). GAMBARAN PERILAKU MENCONTEK PADA SISWA SEKOLAH DASAR. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan, 2(3), 121–129. https://doi.org/10.22460/q.v2i3p121-129.1631